KHARISMA W,, SINGGIH (2014) NILAI–NILAI SOSIAL PADA NOVEL ANAK BALADA SEPEDA BUTUT KARYA BAMBANG JOKO SUSILO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (651kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (621kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (980kB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul “Nilai -nilai Sosial pada Novel Anak Balada Sepeda Butut Karya Bambang Joko Susilo” bertujuan untuk mendeskripsikan nilai -nilai so sial pada novel anak Balada Sepeda Butut karya Bambang Joko Susilo dan mendeskripsikan relevansi nilai social pada novel anak Balada Sepeda Butut karya Bambang Joko Susilo dengan kehidupan anak sekarang. Sumber data dalam penelitian inia dalah novel Balada Sepeda Butut karya Bambang Joko Susilo dant eks -teks yang mengandung nilai sosial yang terdapat dalam novel Balada Sepeda Butut . Objek penelitiannya adalah nilai -nilai sosial pada novel anak Balada Sepeda Butut karya Bambang Joko Susilo yang dikaji menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis , metode ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta -fakta yang kemu dian disusul dengan analisis. Langkah kerja dalam penelitian ini adalah dengan cara membaca novel, mencatat hal -hal yang menarik dan menonjol yaitu nilai -nilai sosial, menganalisis nilai sosial yang ada dalam novel kemudian menganalisis relevansi nilai sosial dalam novel dengan kehidupan anak sekarang dan menyimpulkan hasil analisis. Hasil penelitian ini menunjukan nilai -nilai social pada novel anak Balada Sepeda Butut , yang Nampak yaitu (1) Menyayangi , yaitu seorang anak yang sangat menyayangi sepeda butut dan sanga t menyayangi adiknya dengan cara mengusap - ngusap rambutnya dengan penuh rasa kasih sayang. (2) Menghargai, y aitu ditunju k kan dengan cara seorang anak yang menjaga dan merawat dengan baik sepeda butut pemberian ayahnya. (3) Teguh Pendirian , seorang anak bersikukuh tidak mau menjual sepeda bututnya . (4) Pemberi , menyuruh utuk pulang duuan dan seorang anak yang sepulang sekolah membantu ibunya di warung. (5) Mandiri, seorang anak yang t idak mau meminta macam -macam kepada ibunya (6) Penyab ar, anak yang hanya membala s ejekan dengan senyumnya. (7) Baik Hati, menyuruh Gemblung perg i (si pencuri sepeda) dan bawalah sepe da itu. (8) Rela Berkorban, seorang anak yang merelakan uang tabunga nya hanya untuk kesembuhan adiknya. (9) Yaitu rajin memb antu ibunya di warung . (10) Setia Kawan, seorang anak yang mencoba menghibur temanya yang sedang melamun karena sepedanya hilan g. (1 1) Peduli, seorang anak yang memberika n motivasi kepada temannya, mengajak berboncengan . Dalam penelitian ini menggambar kan pula adanya keterkaitan antara perwujudan nilai -nilai sosial yang terdapat dalam novel Balada Sepeda Butut dengan kehidupan anak sekarang
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sarwidi, M. Hum dan Heru Kurniawan, S. Pd, M.A |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1 |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 13 Jul 2017 03:51 |
Last Modified: | 13 Jul 2017 03:51 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2665 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |