KEMAMPUAN BERBICARA DALAM KEGIATAN PRESENTASI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

PUSPARANI, NUR INDAH (2015) KEMAMPUAN BERBICARA DALAM KEGIATAN PRESENTASI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NUR INDAH PUSPARANI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR INDAH PUSPARANI BAB I.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR INDAH PUSPARANI BAB II.pdf

Download (797kB) | Preview
[img] Text
NUR INDAH PUSPARANI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
NUR INDAH PUSPARANI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
NUR INDAH PUSPARANI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img]
Preview
Text
NUR INDAH PUSPARANI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
NUR INDAH PUSPARANI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kondisi faktual di sekolah menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa masih kurang baik, dikarenakan terbatasnya kosakata yang dimiliki siswa dan dalam proses pembelajaran guru masih dominan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan berbicara siswa dalam kegiatan presentasi; 2) mengetahui kesalahan berbicara yang sering dilakukan oleh siswa; 3) mengetahui kendala yang dihadapi siswa saat berbicara. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yang dilakukan di kelas V SD N 1 Tambaksogra. Data yang diambil untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa menggunakan tes kemampuan berbicara, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V di SD N 1 Tambaksogra memiliki kemampuan berbicara yang cukup baik, dibuktikan dengan capaian skor hasil tes kemampuan berbicara siswa sebesar 81 dan rata-ratanya 3,4. Secara umum kesalahan berbicara yang paling banyak dilakukan siswa yaitu tidak memandang lawan bicara saat berbicara di depan kelas, kurang lancar dan masih tersendat-sendat dalam berbicara, dan suara lemah. Kendala yang dihadapi siswa saat berbicara yaitu malu dan grogi, tidak menguasai materi, pengucapan yang kurang sempurna dan takut salah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas V termasuk dalam kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D. dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbicara, presentasi, faktor kebahasaan, faktor non kebahasaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:10
Last Modified: 11 Jul 2017 04:10
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2553

Actions (login required)

View Item View Item