PUSPARANI, NUR INDAH (2015) KEMAMPUAN BERBICARA DALAM KEGIATAN PRESENTASI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
NUR INDAH PUSPARANI COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
NUR INDAH PUSPARANI BAB I.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
NUR INDAH PUSPARANI BAB II.pdf Download (797kB) | Preview |
|
Text
NUR INDAH PUSPARANI BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) |
||
Text
NUR INDAH PUSPARANI BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
NUR INDAH PUSPARANI BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
||
|
Text
NUR INDAH PUSPARANI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (573kB) | Preview |
|
Text
NUR INDAH PUSPARANI LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Kondisi faktual di sekolah menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa masih kurang baik, dikarenakan terbatasnya kosakata yang dimiliki siswa dan dalam proses pembelajaran guru masih dominan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan berbicara siswa dalam kegiatan presentasi; 2) mengetahui kesalahan berbicara yang sering dilakukan oleh siswa; 3) mengetahui kendala yang dihadapi siswa saat berbicara. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yang dilakukan di kelas V SD N 1 Tambaksogra. Data yang diambil untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa menggunakan tes kemampuan berbicara, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V di SD N 1 Tambaksogra memiliki kemampuan berbicara yang cukup baik, dibuktikan dengan capaian skor hasil tes kemampuan berbicara siswa sebesar 81 dan rata-ratanya 3,4. Secara umum kesalahan berbicara yang paling banyak dilakukan siswa yaitu tidak memandang lawan bicara saat berbicara di depan kelas, kurang lancar dan masih tersendat-sendat dalam berbicara, dan suara lemah. Kendala yang dihadapi siswa saat berbicara yaitu malu dan grogi, tidak menguasai materi, pengucapan yang kurang sempurna dan takut salah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas V termasuk dalam kategori cukup baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D. dan Cicih Wiarsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berbicara, presentasi, faktor kebahasaan, faktor non kebahasaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Nur Hardiansyah |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 04:10 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 04:10 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2553 |
Actions (login required)
View Item |