UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA TENTANG STRUKTUR BUMI MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DI KELAS V SEKOLAH DASAR

YULIANTO, DWI FAJAR (2015) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA TENTANG STRUKTUR BUMI MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DWI FAJAR YULIANTO COVER.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI FAJAR YULIANTO BAB I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI FAJAR YULIANTO BAB II.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text
DWI FAJAR YULIANTO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
DWI FAJAR YULIANTO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DWI FAJAR YULIANTO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img]
Preview
Text
DWI FAJAR YULIANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
Dwi Fajar Yulianto Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya kreativitas prestasi belajar siswa melatar belakangi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kreativitas dan prestasi belajar siswa pada materi Struktur bumi menggunakan metode Mind mapping. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Karangdadap Kabupaten Banyumas yang berjumlah 22 siswa. Jenis Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap pertemuan diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada pembelaj aran IPA penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa. Hasil Kreativitas siswa siklus I ke siklus II mengalami 63,64% dengan rata-rata 12,86 pada siklus I menjadi 90,91% dengan rata-rata 14,23 pada siklus II dengan kriteria kreatif. Hasil prestasi belajar siswa mengalami kenaikan presentase 63,64% dengan rata-rata 71,09 pada siklus I menjadi 86,36% dengan rata-rata 76,91 pada siklus II dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Mind Mapping dapat meningkatkan Kreativitas dan prestasi belajar IPA di kelas V Negeri karangdadap, Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M,Si. dan Drs. Sony Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Prestasi Belajar IPA, Setruktur Bumi, Metode Mind Mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QB Astronomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:03
Last Modified: 05 Jan 2023 00:46
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2548

Actions (login required)

View Item View Item