AGUSTINA, ESA NINGTYAS (2016) DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 1 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Esa Ningtyas Agustina_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Esa Ningtyas Agustina_BAB I.pdf Download (631kB) | Preview |
Preview |
Text
Esa Ningtyas Agustina_BAB II.pdf Download (767kB) | Preview |
![]() |
Text
Esa Ningtyas Agustina_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) |
![]() |
Text
Esa Ningtyas Agustina_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Esa Ningtyas Agustina_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
Preview |
Text
Esa Ningtyas Agustina_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (612kB) | Preview |
![]() |
Text
Esa Ningtyas Agustina_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran matematika di SMK Negeri 1 Purwokerto pada materi geometri. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik analisis data meliputi pemilihan data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan/verifikasi (Conclusion drawing/verification). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas X Farmasi 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini siswa dikelompokan kedalam tiga kategori, yaitu siswa kategori rasa ingin tahu tinggi, sedang, dan rendah yang ditentukan berdasarkan hasil angket rasa ingin tahu siswa di kelas X Farmasi 2 SMK Negeri 1 Purwokerto. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh : 1) Siswa dengan kategori rasa ingin tahu tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika baik, yaitu siswa sudah mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian. 2) Siswa dengan kategori rasa ingin tahu sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika cukup baik, yaitu siswa sudah mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, namun tidak mampu memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian. 3) Siswa dengan kategori rasa ingin tahu rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika kurang, yaitu siswa tidak mampu memahami masalah, tidak merencanakan penyelesaian, tidak melaksanakan rencana penyelesaian, dan tidak memeriksa prosedur dan hasil yang diperolehnya.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika, Rasa Ingin Tahu Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 00:52 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 00:52 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |