PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN ATONG BERBANTUAN MEDIA FOTO ARSIP NASIONAL DI SD NEGERI 2 NOTOG.

RAHMAWATI,, RISKI (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN ATONG BERBANTUAN MEDIA FOTO ARSIP NASIONAL DI SD NEGERI 2 NOTOG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (826kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang masalah dalam penelitian ini adalah sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan menggunakan strategi pembelajaran Amati, Tanyakan, Olah, Nalar, Gagas (ATONG) berbantuan media foto arsip nasional di kelas V SD Negeri 2 Notog . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 2 Notog yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa evaluasi yang diberikan pada akhir pertemuan dan teknik nontes berupa skala sikap rasa ingin tahu, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Hasil skala sikap rasa ingin tahu siswa menunjukan bahwa adanya peningkatan nilai rata-rata dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata rasa ingin tahu siswa mencapai 2,49, dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II mencapai 3,80, dengan kriteri baik. Hasil penelitian prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai persentase ketuntasan belajar sebesar 64,04% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,55%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran ATONG berbantuan media foto arsip nasional dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Notog.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Aji Heru Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran ATONG, Foto Arsip Nasional, Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Jul 2017 00:33
Last Modified: 07 Jul 2017 00:33
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2343

Actions (login required)

View Item View Item