PUSPITASARI, IKA (2012) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI I KEMBARAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
IKA PUSPITASARI COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
IKA PUSPITASARI BAB I.pdf Download (684kB) | Preview |
|
|
Text
IKA PUSPITASARI BAB II.pdf Download (806kB) | Preview |
|
![]() |
Text
IKA PUSPITASARI BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) |
|
![]() |
Text
IKA PUSPITASARI BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (869kB) |
|
![]() |
Text
IKA PUSPITASARI BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
|
|
Text
IKA PUSPITASARI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (782kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa pada kompetensi dasar mendiskripsikan perkembangan masyarakat, kebuadayaan, dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa dan mendeskripsikan kegiatan ekonomi masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Subyek penelitian ini adalah kelas VII.B SMP N I Kembaran yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data partisipasi siswa dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi siswa dan angket partisipasi siswa. Hasil penelitian diperoleh : aktivitas siswa pada siklus I rata-rata partisipasi siswa 1,64 termasuk kriteria kurang baik dan dari angket partisipasi siswa 35,90 termasuk kriteria kurang baik dan pada siklus II rata-rata partisipasi siswa 2,60 termasuk kriteria baik dan dari angket partisipasi siswa 47,90 termasuk kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa pada pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Asep Daud K, S.Pd, M.Ag dan Drs. Kartono, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi, Numbered Head Together (NHT) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 06 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 06 Jul 2017 04:29 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |