PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENGGUNAAN AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII G SMP NEGERI 2 SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011/2012

PALGUNO, GURUH RESPATI (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENGGUNAAN AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII G SMP NEGERI 2 SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
GURUH RESPATI PALGUNO COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
GURUH RESPATI PALGUNO BAB I.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
GURUH RESPATI PALGUNO BAB II.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
GURUH RESPATI PALGUNO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
GURUH RESPATI PALGUNO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] Text
GURUH RESPATI PALGUNO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
GURUH RESPATI PALGUNO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi dan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS dalam proses pembelajaran di SMP. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Sokaraja Kabupaten Banyumas. Langkah yang dilakukan setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, observasi, analisis dan rafleksi. Perencanaan berupa refleksi. Perencanaan berupa penyusunan rencana pembelajaran dan penyusunan angket serta alat observasi. Pelaksanaan tindakan ialah pelaksanaan pembelajaran. Observasi ialah berupa pengamatan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran, analisis dan refleksi ialah menganalisis hasil yang dicapai dan kemudian digunakan untuk dasar suklus selanjutnya. Pada akhir siklus 2, dapat diketahui keberhasilan yang dicapai melalui tindakan pembelajaran dengan menggunakan audio visual. Hasil yang diperoleh setelah dianalisis menunjukan ide bahwa rata-rata hasil tes awal 69 pada siklus 1 meningkat menjadi 72,79, pada siklus 2 menjadi 78,53. Hasil minat belajar siswa dari observasi siklus 1 pertemuan pertama 38,2 % dengan kriteria cukup berminat dan pertemuan kedua menjadi 47,0 % dengan kriteria cukup berminat. Siklus 2 pertemuan yang pertama meningkat menjadi 73,5 % dengan kriteria berminat dan pertemuan kedua meningkat yaitu 82,4 % dengan kriteria sangat berminat. Pada angket minat pembelajaran siswa pada siklus 1 yaitu dengan rata-rata 47,70 %, siklus 2 yaitu meningkat dengan rata-rata 56,64 %. Berdasarkan hasil analisis tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan audio visual pada IPS mampu meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Sokaraja Kabupaten Banyumas pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr.Tanto Sukardi., M.Hum. dan Dr. Sugeng Priyadi., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Ilmu Pengetahuan Sosial, Minat, Audio Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:15
Last Modified: 06 Jul 2017 04:15
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2328

Actions (login required)

View Item View Item