WINOTO, SAGI (2017) STUDI KOMPARASI KONSEP MATERI DAN KONSEP PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI PADA KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. D4 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
SAGI WINOTO COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
SAGI WINOTO BAB I.pdf Download (956kB) | Preview |
Preview |
Text
SAGI WINOTO BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
SAGI WINOTO BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
![]() |
Text
SAGI WINOTO BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
SAGI WINOTO BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
Preview |
Text
SAGI WINOTO DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (740kB) | Preview |
![]() |
Text
SAGI WINOTO LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) |
Abstract
Perubahan KTSP menjadi Kurikulum 2013 mengubah paradigma pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan struktural berbasis paragraf menjadi pendekatan kontekstual berbasis teks. Salah satu teks yang diajarkan pada KTSP dan Kurikulum 2013 jenjang SMK adalah teks eksposisi. Akan tetapi, istilah “eksposisi” pada kedua kurikulum ini mengandung konsep yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbandingan konsep materi dan konsep pembelajaran teks eksposisi pada Kurikulum 2013 dan KTSP. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Penelitian ini menemukan hal-hal berikut: (1) Terdapat perbedaan hakikat teks, konsep teks eksposisi, penyajian materi teks eksposisi pada BSE KTSP 2006 dan buku siswa Kurikulum 2013. Perbedaannya, pada KTSP 2006 tidak ada penyebutan materi teks eksposisi secara langsung. Teks eksposisi terintegrasi kedalam KD menulis. Sementara itu, pada Kurikulum 2013 materi teks eksposisi berdiri sendiri. Materi tata bahasa terintegrasi ke dalam materi teks eksposisi sehingga siswa dapat mempelajari teks eksposisi secara utuh, meliputi struktur, fungsi sosial, dan ciri kebahasaan (2) Terdapat perbedaan dan persamaan pada perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Perbedaan ditemukan pada KD, RPP, materi, pendekatan serta instrument penilaian. Sementara itu, persamaan ditemukan pada sumber belajar yang digunakan, dan penilaian yang ditekankan pada bentuk penilaian otentik.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (D4) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Kuntoro, M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Teks Eksposisi, Konsep Materi, Konsep Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2 |
Depositing User: | Nur Hardiansyah |
Date Deposited: | 05 Jul 2017 04:30 |
Last Modified: | 05 Jul 2017 04:30 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2262 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |