SUPRABOWO, NARTEJO (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO. D4 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of NARTEJO SUPRABOWO_COVER.pdf]
Preview
Text
NARTEJO SUPRABOWO_COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of NARTEJO SUPRABOWO_BAB I.pdf]
Preview
Text
NARTEJO SUPRABOWO_BAB I.pdf

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of NARTEJO SUPRABOWO_BAB II.pdf]
Preview
Text
NARTEJO SUPRABOWO_BAB II.pdf

Download (707kB) | Preview
[thumbnail of NARTEJO SUPRABOWO_BAB III.pdf] Text
NARTEJO SUPRABOWO_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[thumbnail of NARTEJO SUPRABOWO_BAB IV.pdf] Text
NARTEJO SUPRABOWO_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[thumbnail of NARTEJO SUPRABOWO_BAB V.pdf] Text
NARTEJO SUPRABOWO_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[thumbnail of NARTEJO SUPRABOWO_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NARTEJO SUPRABOWO_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (702kB) | Preview
[thumbnail of NARTEJO SUPRABOWO_LAMPIRAN.pdf] Text
NARTEJO SUPRABOWO_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh metode mind
mapping terhadap minat peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mojotengah
Kabupaten Wonosobo dalam menulis pantun; dan (2) mendeskripsikan pengaruh
metode mind mapping terhadap kemampuan peserta didik kelas VII SMP Negeri 1
Mojotengah Kabupaten Wonosobo dalam menulis pantun.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mojotengah
Kabupaten Wonosobo. Berdasarkan teknik simple random sampling ditetapkan
kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok
kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretes dan postes, serta nontes
berupa angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi
5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat
analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian yang dilakukan
dengan bantuan komputer program SPSS 16 menunjukkan data pretes dan postes
berdistribusi normal dan homogen.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan kemampuan
menulis pantun antara peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mojotengah
Kabupaten Wonosobo yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode mind
mapping dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan
metode mind mapping. Hal ini dapat terlihat dari hasil analisis dengan
menggunakan uji-t antar kelompok. Dari data postes kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol diperoleh nilai t sebesar 4,762 dengan df = 59 dan diperoleh nilai
p sebesar 0,001 pada taraf kesalahan 0,05 (5%). Nilai p lebih kecil dari taraf
kesalahan 0,05 (0,000 < 0,05).
Metode mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis
pantun peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo.
Hasil perhitungan uji-t menunjukkan data pretes dan postes kemampuan menulis
pantun kelompok eksperimen diperoleh nilai t sebesar 2,087 dengan df = 70,025
dan diperoleh nilai p sebesar 0,000 pada taraf kesalahan 0,05 (5%). Nilai p besarnya
lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) menunjukkan metode mind mapping efektif
digunakan dalam pembelajaran menulis pantun peserta didik kelas VII SMP Negeri
1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo.
vii
Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode mind mapping
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis pantun, ada
perbedaan kemampuan menulis pantun yang nyata antara kelas yang menggunakan
metode mind mapping dengan kelas yang tidak menggunakan metode mind
mapping. Saran peneliti adalah guru sebaiknya menggunakan metode mind
mapping dalam kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan minat dan
kemampuan siswa dalam menulis pantun.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (D4)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Kuntoro, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: minat, kemampuan menulis pantun, metode mind mapping, peserta didik kelas VII SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 05 Jul 2017 02:00
Last Modified: 05 Jul 2017 02:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2232

Actions (login required)

View Item View Item