NASTITI, BUDI (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MELALUI KEGIATAN CIRCLE TIME PADA KELOMPOK B2 TK PERTIWI DESA PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER_BUDI NASTITI_PAUD'13.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_BUDI NASTITI_PAUD'13.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_BUDI NASTITI_PAUD'13.pdf Download (639kB) | Preview |
|
Text
BAB III_BUDI NASTITI_PAUD'13.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
||
Text
BAB IV_BUDI NASTITI_PAUD'13.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
||
Text
BAB V_BUDI NASTITI_PAUD'13.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_BUDI NASTITI_PAUD'13.pdf Download (552kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN_BUDI NASTITI_PAUD'13.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul ”Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Kegiatan Circle Time Pada Kelompok B2 TK Pertiwi Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas”. Penelitian ini dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap/pertemuan. Masing-masing pertemuan menggunakan SKH dan pada akhir masing-masing siklus dilakukan refleksi. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap tahun 2011/2012. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah anak didik kelompok B2 TK Pertiwi Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas yang berjumlah 23 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Sumber data diperoleh dengan data primer dan data sekunder. Tekhnik dan alat pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak melalui kegiatan circle time. Hasil penelitian yang dilakukan, pada studi awal dari jumlah 23 anak tersebut, kategori anak belum berkembang (BB) adalah 2 anak atau 8,7%, kategori mulai berkembang (MB) adalah 12 anak atau 52,2%, kategori anak sudah berkembang sesuai harapan (BSH) adalah 9 anak atau 39,1%, dan kategori anak berkembang sangat baik (BSB) adalah 0. setelah diadakan perbaikan pembelajaran pada Siklus I, kategori anak belum bekembang IBB) adalah 1 anak atau 4,3%, kategori mulai berkembang (MB) adalah 8 anak atau 34,8%, kategori anak sudah berkembang sesuai harapan (BSH) adalah 9 anak atau 39,1%, dan kategori anak berkembang sangat baik (BSB) adalah 5 anak atau 21,8%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup tinggi dan memuaskan yaitu kategori anak belum berkembang (BB) adalah 0, kategori mulai berkembang (MB) adalah 5 anak atau 21,8%, kategori anak sudah berkembang sesuai harapan (BSH) adalah 7 anak atau 30,4%, dan kategori anak berkembang sangat baik (BSB) adalah 11 anak atau 47,8%. Tindak lanjut terhadap kelima anak yang mulai berkembang (MB), akan diberkan kegiatan pembelajaran ekstra dengan memberikan bimbingan khusus pada pembelajaran berikutnya oleh peneliti dengan metode pembelajaran yang lebih menarik dan bervariasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Eko Sri Israhayu, M.Hum dan Melati Ismi Hapsari, M.Psi |
Uncontrolled Keywords: | bahasa lisan, circle time, anak usia dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 05 Jul 2017 00:58 |
Last Modified: | 05 Jul 2017 00:58 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2223 |
Actions (login required)
View Item |