CORY NURLAELA (2017) MODEL PEMBINAAN MINAT DAN BAKAT TERHADAP PESERTA DIDIK ANAK KESULITAN BELAJAR ( SLOW LEARNING ) (Studi Deskriptif di kelas 4A Sekolah Dasar Inklusi Purba Adhi Suta). S3 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
CORY NURLAELY - COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
CORY NURLAELY - BAB I.pdf Download (685kB) | Preview |
Preview |
Text
CORY NURLAELY - BAB II.pdf Download (675kB) | Preview |
![]() |
Text
CORY NURLAELY - BAB III-.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) |
![]() |
Text
CORY NURLAELY - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
![]() |
Text
CORY NURLAELY - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
Preview |
Text
CORY NURLAELY - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (632kB) | Preview |
![]() |
Text
CORY NURLAELY - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pada dasarnya Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sama seperti individu
anak lain, mereka juga memiliki hak sama untuk dapat sukses dan berkembang
dalam hidupnya dengan berbagai minat dan bakat yang mungkin banyak orang
lain tidak miliki. Adanya model pembinaan minat dan bakat ini untuk dapat
mengetahui cara guru menganalisis karakteristik, mengetahui membina bakat serta
upaya sekolah dan juga kendala mereka selama ini.
Pendekatan yang digunakan
didalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode pendekatan de
skriptif yaitu
pengumpulan data berupa kata
-kata, gambar, dan bukan angka
-angka.
Penelitian
ini dilakukan di SD Inklusi Purba Adhi Suta, Purbalingga. Subjek peneliti
an ini
adalah siswa abk kelas 4A
dengan jenis kebutuhan
anak
kesulitan atau lambat
belajar
yaitu sejumlah 5 anak dan dengan jenis kebutuhan anak tunalaras yaitu 7
anak. Guru menjadi informan primer dan kepala sekolah dan siswa menjadi
informan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi,
dokumentasi dan catatan lapangan. Data an
alisis dilakukan dengan menggunakan
analisis model miles, huberman yang terdiri dari data collection, data reduction,
data display, dan conclusion. Triangulasi teknik digunakan sebagai teknik
keabsahan data. hasil penelitian menunjukan bahwa antara guru re
guler khusus
dalam melihat karakteristik anak berkebutuhan khusus dilihat dari hasil
pembelajaran, rasa ingin tahu, serta sikap siswa dalam keseharian. Guru khusus
dalam prakteknya banyak memberikan kegiatan yang bersifat ketrampilan untuk
dapat mengetahui
berbagai potensi minat dan bakat siswanya, sedangkan untuk
pembinaan yang dilakukan secara intensif guru khusus lakukan kelas inklusi
setiap hari jumatnya.
Sekolah juga senantiasa turut memberikan andil dalam
melakukan upaya pembinaan minat dan bakat terh
adap siswa abk seperti dengan
adanya kegiatan tari dan musik, meski dalam pelaksanaanya semua kegiatan jelas
nantinya akan menemui kendala baik pada bidang sarana dan prasarana, guru
ataupun siswa abk itu sendiri.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (S3) |
Additional Information: | 1. Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd., 2.Pratik Hari Yuwono, S.Sn.,MA., |
Uncontrolled Keywords: | Minat, Bakat, Anak Kesulitan Belajar ( Slow Le arning ) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 04 Jul 2017 04:22 |
Last Modified: | 04 Jul 2017 04:22 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |