DEWI, MARLIA RATNA (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMAIN DRAMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. D4 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
MARLIA RATNA DEWI COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
MARLIA RATNA DEWI BAB I.pdf Download (529kB) | Preview |
Preview |
Text
MARLIA RATNA DEWI BAB II.pdf Download (699kB) | Preview |
![]() |
Text
MARLIA RATNA DEWI BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
![]() |
Text
MARLIA RATNA DEWI BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
![]() |
Text
MARLIA RATNA DEWI BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
Preview |
Text
MARLIA RATNA DEWI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (562kB) | Preview |
![]() |
Text
MARLIA RATNA DEWI LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bermain drama
dengan model SAVI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan
pengembangan (R&D) dengan enam tahapan. Subjek penelitian adalah bahan ajar
bermain drama. Sumber data dan kebutuhan prototipe bahan ajar adalah siswa dan
guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 2 Singaparna dan MTs Negeri 8
Tasikmalaya. Sumber validasi prototipe adalah dosen ahli dari Universitas
Muhammadiyah Purwokerto dan guru bahasa Indonesia kelas VIII dari dua sekolah.
Berdasarkan analisis terhadap kebutuhan bahan ajar modul bermain drama dari 80
siswa diperoleh hasil sebagai berikut : 51 siswa menginginkan campuran bahasa baku
dan tidak baku, bahasa dalam modul 45 siswa menginginkan menggunakan bahasa
yang dapat dipahami oleh semua kalangan. Materi pada modul bermain drama pada
unsur-unsur intrinsiknya yaitu pemilihan tokoh dalam setiap cerita pada teks drama
yang ideal sesuai dengan kondisi siswa SMP, 45 siswa menginginkan bergantung
pada cerita. Alur yang diinginkan 61 siswa memilih alur campuran. 61 siswa babak
yang diinginkan yaitu 1 babak. Gambar pada modul pembelajaran bermain drama
hampir keseluruhan menginginkan bervariasi dan menggunakan gambar-gambar yang
menarik. Pendapat dari 3 guru secara keseluruhan modul pembelajaran sudah layak
untuk dikembangkan. Sedangkan hasil penilaian prototipe oleh ahli dan guru
diperoleh hasil sebagai berikut Nilai rata-rata yang diberikan oleh ahli terhadap
prototipe bahan ajar bermain drama dengan model SAVI yaitu 1) aspek penyajian
materi; 2) aspek isi/materi; 3) bahasa dan keterbacaan; dan 4) grafika. Penilaian ahli
dari keempat aspek menghasilkan nilai rata-rata 81,94, nilai termasuk kategori baik.
Sedangkan nilai rata-rata yang diberikan oleh tiga orang guru terhadap prototipe ajar
bermain drama dengan model SAVI yaitu 1) aspek penyajian materi; 2) aspek
isi/materi; 3) bahasa dan keterbacaan; dan 4) grafika. Penilaian tiga guru dari
keempat aspek menghasilkan nilai rata-rata 85,88. Berdasarkan penilaian ahli dan
guru, maka nilai rata-rata prototipe bahan ajar bermain drama dengan model SAVI
adalah 83,91, nilai termasuk kategori baik. Maka berdasarkan penilaian ahli dan
guru, bahan ajar yang dikembangkan sudah sesuai dengan kebutuhan siswa dan
guru.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (D4) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Kuntoro, M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | development of learning material, playing drama, SAVI learning model |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2 |
Depositing User: | Nur Hardiansyah |
Date Deposited: | 04 Jul 2017 03:48 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 03:56 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |