ANALISA LISTANTI (2016) ANALISIS TINDAKAN DISKRIMINASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. S3 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of ANALISA LISTANTI = COVER.pdf]
Preview
Text
ANALISA LISTANTI = COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ANALISA LISTANTI = BAB I.pdf]
Preview
Text
ANALISA LISTANTI = BAB I.pdf

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of ANALISA LISTANTI = BAB II.pdf]
Preview
Text
ANALISA LISTANTI = BAB II.pdf

Download (664kB) | Preview
[thumbnail of ANALISA LISTANTI = BAB III.pdf] Text
ANALISA LISTANTI = BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[thumbnail of ANALISA LISTANTI = BAB IV.pdf] Text
ANALISA LISTANTI = BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[thumbnail of ANALISA LISTANTI = BAB V.pdf] Text
ANALISA LISTANTI = BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[thumbnail of ANALISA LISTANTI = DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
ANALISA LISTANTI = DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of ANALISA LISTANTI = LAMPIRAN.pdf] Text
ANALISA LISTANTI = LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)

Abstract

Stigma negatif yang menimbulkan tindakan diskriminasi muncul karena adanya cara
pandang negatif sesorang terhadap sebuah perbedaan, baik perbedaan ras, agama,
sosial, mapun budaya. Perbedaan-perbedaan tersebut juga dapat dijumpai di Sekolah
Dasar. Beberapa peserta didik masih belum dapat menghargai dan menghormati
adanya sebuah perbedaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode studi kasus memberikan ilmu pengetahuan tentang adanya tindakan
diskrikimasi di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui faktor
penyebab, dampak, dan upaya dalam meminimalisir tindakan diskriminasi di
sekolah. Berdasarkan data yang dikumpulkan, maka faktor penyebab tindakan
diskriminasi di sekolah dasar yaitu latar belakang sosial, keterbatasan fisik, dan
adanya kelompok yang kuat dan kelompok yang lemah. Membentuk sikap untuk
saling menghargai dan menghormati perbedaan pada peserta didik dapat dibentuk
melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari di sekolah. Kegiatan pembelajaran di
dalam kelas dapat di ciptakan melalui pendekatan pendidikan multikultural, sehingga
dapat meminimalisir adanya tindakan diskriminasi di Sekolah Dasar.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: 1. Drs. H. Sri Harmianto, M.Pd 2.Dr. Sriyanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: dikriminasi, studi kasus, pendidikan multikultural
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2017 03:17
Last Modified: 04 Jul 2017 03:17
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item