AKHMAD, YANUAR (2016) PERAN MANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU DAN PRESTASI SEKOLAH DI SDIT MUHAMMADIYAH CIPETE KECAMATAN CILONGOK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
YANUAR A. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
YANUAR A. BAB I.pdf Download (491kB) | Preview |
Preview |
Text
YANUAR A. BAB II.pdf Download (701kB) | Preview |
![]() |
Text
YANUAR A. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
![]() |
Text
YANUAR A. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) |
![]() |
Text
YANUAR A. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
Preview |
Text
YANUAR A. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (482kB) | Preview |
![]() |
Text
YANUAR A. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Manajemen sekolah merupakan suatu pengelolaan sekolah sesuai dengan
visi dan misi yang telah ditentukan. Manajemen sekolah memiliki peran yang
sangat penting dalam peningkatan mutu dan prestasi sekolah, sehingga penelitian
ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan manajemen sekolah yang
dilaksanakan; 2) mengetahui peran manajemen sekolah dalam peningkatan mutu
dan prestasi sekolah; 3) mengetahui permasalahan yang dihadapi manajemen
sekolah dalam meningkatkan mutu dan prestasi sekolah. Jenis penelitian yang
digunakan ialah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian ini adalah kepala
sekolah sebagai pelaksana manajemen sekolah, dan guru yang membantu
pelaksanaan manajemen sekolah di SDIT Muhammadiyah Cipete. Teknik
pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, dan catatan
lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sekolah yang
dijalankan cukup baik dengan menjalankan manajemen pembelajaran, manajemen
peserta didik, manajemen kepegawaian, manajemen sarana dan prasarana,
manajemen keuangan, manajemen hubungan dengan masyarakat, serta
manajemen layanan khusus. Peran manajemen dalam meningkatkan mutu dan
prestasi sekolah yaitu dengan melakukan pengelolaan manajemen peningkatan
mutu, perubahan pola pikir dan orientasi kerja guru, peningkatan mutu guru
dengan berbagai program peningkatan mutu, peningkatan mutu peserta didik
dengan mencakup ranah kognitif afektif dan psikomotor, serta pelaksanaan studi
banding dan inovasi pendidikan. Permasalahan yang dihadapi dalam manejemen
sekolah yaitu kurangnya dukungan dari masyarakat, kemampuan guru masih
kurang pada penguasaan tekhnologi, dan fasilitas sarana prasarana masih kurang.
Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa manajemen
sekolah yang dilaksanakan sudah baik mengingat banyaknya program
peningkatan mutu dan prestasi yang dijalankan, akan tetapi masih diperlukan
alternatif pemecahan masalah yang terjadi dalam manajemen sekolah tersebut
seperti masyarakat, guru dan fasilitas yang masih kurang.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Sri Muryaningsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Manajemen Sekolah Dasar, Peningkatan Mutu, Peran Manajemen, Permasalahan Manajemen Sekolah Dasar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Riski Wismana |
Date Deposited: | 03 Jul 2017 07:05 |
Last Modified: | 20 May 2024 08:03 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2178 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |