UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT MELALUI METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA DI KELAS IVA SD NEGERI SOKARAJA LOR

NASIKHAH,, NURUL (2016) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT MELALUI METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA DI KELAS IVA SD NEGERI SOKARAJA LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap kemandirian dan prestasi belajar IPS siswa pada materi koperasi dan kesejahteraan rakyat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap kemandirian dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi koperasi dan kesejahteraan rakyat melalui metode diskusi berbantuan kartu kata. subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri Sokaraja Lor dengan jumlah siswa 23 yang terdiri dari 11 perempuan 12 laki-laki. Penelitianini dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Prosedur pelaksanaan padasetiap siklus meliputi rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil peningkatan sikap kemandirian dan prestasi belajar siswa diperoleh dari skala sikap dan tes evaluasi. Hasil skala sikap siswa pada siklus 1 memperoleh skor rata-rata 2,89 dengan kriteria sikap kemandirian siswa sedang dan pada siklus 2 memperoleh skor rata-rata 4,17 dengan kriteria sikap kemandirian tinggi. Prestasi belajar siswa pada siklus 1 diperoleh presentase ke tuntasan belajar sebesar 65% dan siklus 2 dengan presentase ketuntasan belajar 82%. Maka dapat disimpulkan bahwa metode diskusi berbantuan kartu kata dapat meningkatkan sikap kemandirian dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV A SD Negeri Sokaraja Lor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M. Pd., dan Sri Muryaningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: sikap kemandirian, prestasi belajar IPS, Metode diskusi, Media kartu kata
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 08 Jun 2017 07:58
Last Modified: 08 Jun 2017 07:58
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item