FITRIANA,, LAELA (2016) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENDORONG MINAT BACA SISWA DI SD N 2 KEDUNGMENJANGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (673kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (754kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (699kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (892kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan perpustakaan
sekolah dalam proses pembelajaran sedangkan minat baca siswa sudah cukup baik
dan pustakawan sudah dapat menjalankan sistem pelayanan dengan baik
meskipun
masih
merasa
kualahan.
Penelitian
ini
bertujuan
untuk
mendeskripsikan: (1) Minat baca siswa SD N 2 Kedungmenjangan, (2)
Pelaksanaan kegiatan perpustakaan untuk mendorong minat baca siswa, (3)
Pengelolaan perpustakaan di SD N 2 Kedungmenjangan. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata, gambar
dan bukan angka-angka. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Kepala
Sekolah, Pustakawan, Guru Kelas, Siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan pencermatan dokumen. Uji keabsahan
data dilakukan dengan triangulasi data. Data dianalisis dengan menggunakan
model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari
data collection, data reduction,
data display
dan
conclusion
. Triangulasi teknik digunakan sebagai teknik
keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat baca siswa di SD
N 2 Kedungmenjangan sudah cukup tinggi dilihat dari jumlah siswa yang
berkunjung ke perpustakaan. Beberapa cara untuk meningkatkan minat baca siswa
yaitu dengan melakukan bazar buku, pemberian
reward
dan pemanfaatan papan
display
. (2) Pembinaan minat baca siswa di SD N 2 Kedungmenjangan sudah
terlaksana dengan baik. Indikator keterlaksanaan pembinaan minat baca yang baik
dapat dilihat dari cara-cara yang dilakukan yaitu menyediakan jumlah koleksi
perpustakaan yang memadai, guru sudah menggunakan perpustakaan sebagai
kegiatan belajar mengajar pengganti kelas, pustakawan melakukan pendekatan
langsung kepada siswa. (3) Pelaksanaan pengelolaan perpustakaan di SD N 2
Kedungmenjangan sudah terlaksana dengan baik.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Aji Heru Muslim, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | perpustakaan sekolah dasar, minat baca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 06:28 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 06:44 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/2108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |