FITRIANA,, LAELA (2016) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENDORONG MINAT BACA SISWA DI SD N 2 KEDUNGMENJANGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (754kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (699kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (892kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam proses pembelajaran sedangkan minat baca siswa sudah cukup baik dan pustakawan sudah dapat menjalankan sistem pelayanan dengan baik meskipun masih merasa kualahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Minat baca siswa SD N 2 Kedungmenjangan, (2) Pelaksanaan kegiatan perpustakaan untuk mendorong minat baca siswa, (3) Pengelolaan perpustakaan di SD N 2 Kedungmenjangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Pustakawan, Guru Kelas, Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan pencermatan dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Data dianalisis dengan menggunakan model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari data collection, data reduction, data display dan conclusion . Triangulasi teknik digunakan sebagai teknik keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat baca siswa di SD N 2 Kedungmenjangan sudah cukup tinggi dilihat dari jumlah siswa yang berkunjung ke perpustakaan. Beberapa cara untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu dengan melakukan bazar buku, pemberian reward dan pemanfaatan papan display . (2) Pembinaan minat baca siswa di SD N 2 Kedungmenjangan sudah terlaksana dengan baik. Indikator keterlaksanaan pembinaan minat baca yang baik dapat dilihat dari cara-cara yang dilakukan yaitu menyediakan jumlah koleksi perpustakaan yang memadai, guru sudah menggunakan perpustakaan sebagai kegiatan belajar mengajar pengganti kelas, pustakawan melakukan pendekatan langsung kepada siswa. (3) Pelaksanaan pengelolaan perpustakaan di SD N 2 Kedungmenjangan sudah terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Aji Heru Muslim, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | perpustakaan sekolah dasar, minat baca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 06:28 |
Last Modified: | 08 Jun 2017 06:28 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |