UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII F SMP NEGERI 3 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2013-2014

RAHMAWATI, WAHIDA (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII F SMP NEGERI 3 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2013-2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Wahida Rahmawati.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Wahida Rahmawati.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Wahida Rahmawati.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Wahida Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text
BAB IV_Wahida Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text
BAB V_Wahida Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Wahida Rahmawati.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Wahida Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model quatum learning dengan metode role playing pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII F SMP Negeri 3 Purwokerto Tahun ajaran 2013-2014. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi untuk memperbaiki siklus sebelumya dan merencanakan tindakan berikutnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Purwokerto yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Dari hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskritif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus 1 memperoleh persentase 33,82% dan meningkat pada siklus II memperoleh 51, 42%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Quantum Learning dengan metode Role Playing dapat meningkatkan prestasi belajar IPS Terpadu materi pola kegiatan ekonomi di kelas VII F SMP Negeri 3 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mustolikh, M.Si. dan Dr. Sigid Sriwanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: IPS Terpadu, Model Quantum Learning dengan Metode Role Playing, Prestasi Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:28
Last Modified: 17 Nov 2016 02:28
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item