ARIANTI, DWI (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI PECAHAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN STRATEGI TANDUR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of JUDUL_Dwi Arianti.pdf]
Preview
Text
JUDUL_Dwi Arianti.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I_Dwi Arianti.pdf]
Preview
Text
BAB I_Dwi Arianti.pdf

Download (548kB) | Preview
[thumbnail of BAB II_Dwi Arianti.pdf]
Preview
Text
BAB II_Dwi Arianti.pdf

Download (665kB) | Preview
[thumbnail of BAB III_Dwi Arianti.pdf] Text
BAB III_Dwi Arianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[thumbnail of BAB IV_Dwi Arianti.pdf] Text
BAB IV_Dwi Arianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V_Dwi Arianti.pdf] Text
BAB V_Dwi Arianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_Dwi Arianti.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Dwi Arianti.pdf

Download (548kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_Dwi Arianti.pdf] Text
LAMPIRAN_Dwi Arianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan untuk : 1) Mengetahui penggunaan LKS materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas IV dengan strategi TANDUR, 2)Mengetahui hasil pengembangan LKS materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas IV dengan strategi TANDUR., 3)Mengetahui respon guru terhadap LKS materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas IV dengan strategi TANDUR, 4)Mengetahui respon siswa terhadap LKS materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas IV dengan strategi TANDUR, 5) Mengetahui pengaruh penggunaan LKS materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas IV dengan strategi TANDUR terhadap prestasi belajar siswa.Penggunaan LKS sebagai sarana pendukung dalam pembelajaran di Sekolah Dasar masih memiliki kekurangan sehingga diperlukannya pengembangan LKS menggunakan strategi TANDUR. Proses pengembangan LKS menggunakan model 4-D dari Thiagarajan, Semmel and Semmel yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Tetapi model 4-D telah dimodifikasi menjadi 3-D yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. LKS yang telah divalidasi memperoleh rata-rata 4,8 sehingga LKS sangat valid dan tidak perlu dilakukan revisi. Respon guru terhadap pengembangan LKS sangat baik dengan memperoleh rata-rata 4,7 dan respon siswa terhadap penggunaan LKS mengunakan strategi TANDUR mendapatkan skor rata-rata 4,7 kriteria sangat baik. Uji coba produk LKS yang telah dikembangkan mengggunakan Pretest-Posttest Control Group Design memperoleh kesimpulan bahwa uji hipotesis menggunakan uji t dan uji pihak kanan yaitu hasil uji pihak kanan atau uji t diperoleh t_hitung≥t_tabel atau 1,78≥1,296 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan SPSS 21,0 juga membuktikan penolakan Ho dengan perolehan nilai signifikasi sebesar 0,018 yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka terdapat pengaruh pengunaan LKS materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD Negeri 2 Sokaraja Kulon menggunakan strategi TANDUR terhadap prestasi belajar siswa.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Okto Wijayanti, S.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Model Pengembangan 4-D Dan Strategi TANDUR
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 16 Nov 2016 02:20
Last Modified: 16 Nov 2016 02:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item