HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA BEKERJA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

PURWANTI, ARI (2015) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA BEKERJA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Ari Purwanti Cover.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ari Purwanti BAB I.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ari Purwanti BAB II.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text
Ari Purwanti BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
Ari Purwanti BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
Ari Purwanti BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
Ari Purwanti Daftar Pustaka.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text
Ari Purwanti Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kemampuan manajemen waktu dengan motivasi belajar pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang bekerja. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kemampuan manajemen waktu sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai variabel terikat. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Bahasa Ingggris yang aktif atau tidak sedang cuti dan bekerja sejumlah 60 orang. Data dikumpulkan menggunakan skala kemampuan manajemen waktu dan motivasi belajar. Validitas dalam penelitian ini berjenis validitas internal yang digunakan dengan menggunakan teknik korelasi product moment, sedangkan reliabilitas skala menggunakan Alpha Cronbach. Skor validitas kemampuan manajemen waktu dengan skor korelasi berkisar antara 0,403 sampai dengan 0,71, dengan skor reliabilitas sebesar 0,925. kemampuan manajemen waktu dengan skor korelasi berkisar antara 0,403 sampai dengan 0,71, dengan skor reliabilitas sebesar 0,925. Validitas motivasi belajar dengan skor korelasi berkisar antara 0,373 sampai dengan 0,786 dengan skor reliabilitas sebesar 0,924. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa ada hubungan positif antara kemampuan manajemen waktu dengan motivasi belajar pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Bahasa Inggris yang bekerja. Hal ini terbukti melalui teknik uji hipotesis korelasi product moment dengan hasil yang diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,397 (p=0,002 dan signifikansi (p)<0,05) yang artinya hipotesis yang diajukan diterima, artinya semakin baik kemampuan manajemen waktu pada mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Bahasa Inggris yang bekerja maka motivasi belajarnya juga akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Nur’aeni, S.Psi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Manajemen Waktu, Motivasi Belajar, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 08 May 2017 01:38
Last Modified: 08 May 2017 01:38
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item