Salsabila, Nabila (2023) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Melalui Program Ekstrakurikuler pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Purbalingga. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
![]() |
Text
NABILA SALSABILA_Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
NABILA SALSABILA_BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
NABILA SALSABILA_BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
NABILA SALSABILA_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
![]() |
Text
NABILA SALSABILA_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
NABILA SALSABILA_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) |
![]() |
Text
NABILA SALSABILA_Daftar Pustaka.pdf Download (902kB) |
![]() |
Text
NABILA SALSABILA_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Mempelajari Alquran merupakan unsur utama dalam kehidupan manusia,
karena Alquran menjelaskan ilmu tentang bagaimana membentuk akhlak dan
perilaku manusia yang sesuai dengan norma. Pada era seperti ini, dimana
perkembangan teknologi sudah maju pesat, anak-anak sudah mulai sibuk dengan
dunia barunya yang juga berdampak pada turunnya nilai-nilai agama khususnya
dalam membaca Alquran pada tingkat SMP. Berdasarkan dari masalah tersebut,
banyak faktor penghambat dan pendukung dalam mempengaruhi membaca
Alquran, oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan peneilitian dengan judul
“Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Melalui Program
Ekstrakurikuler Pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Purbalingga”.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan teknik
pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam analisis data
penelitian ini menggunakan reiduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Kemudian, dari hasil wawancara serta observasi data yang terkumpul
akan dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan
yang melakukan pengamatan langsung dari objek yang diteliti dan melakukan
pengumpulan data yang ditemukan dilapangan untuk diambil suatu kesimpulan.
Penelitian ini menemukan bahwa ada beberapa upaya untuk meningkatkan
kemampuan siswa dalam mempelajari Alquran di SMP Muhammadiyah 1
Purbalingga. Yang pertama adalah program tahsin yang dijalankan diluar kegiatan
belajar mengajar KBM, dan yang kedua adalah program tadarus pagi yang
dijalankan sebelum KBM. Ada beberapa faktor yang menjadi pendukung dan
penghambat kemampuan siswa SMP Muhammadiyah 1 Purbalingga dalam
membaca Alquran. Faktor pendukung dalam upaya tersebut yaitu: (1) tersedianya
sarana dan prasarana, (2) faktor lingkungan, (3) dari diri sendiri. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu: (1) kurangnya perhatian dari orang tua, (2) kurangnya
dukungan dari para guru, (3) rasa malas, (4) terpaksa, (5) merasa kesulitan.
Dosen Pembimbing: | Surya, Mintaraga Eman | 0626107601 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Upaya, Peningkatan, Faktor, Membaca Alquran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Amri Hariri |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 03:41 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 03:41 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/18144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |