PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI KALICUPAK LOR

RAHAYU, ALFRIESTA (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI KALICUPAK LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (835kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (785kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS materi Peristiwa Sekitar Proklamasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kalicupak Lor, dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar angket rasa ingin tahu siswa. Berdasarkan hasil tes individu, presentase belajar siswa pada siklus I yaitu diperoleh nilai rata-rata 63,75 dengan ketuntuntasan belajar 54,54% dan pada siklus kedua nilai rata-rata naik menjadi 75,42 dengan ketuntasan belajar 81,81%. Sedangkan pada hasil rasa ingin tahu siswa memperoleh nilai rata-rata pada siklus I yaitu 2,59 dan naik menjadi 3,28 pada siklus II. Dari hasil rasa ingin tahu siswa tersebut terjadi peningkatan rasa ingin tahu siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat me ningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS materi Peristiwa Sekitar Proklamasi pada siswa kelas V SD Negeri Kalicupak Lor pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Kecamatan Kalibagor. Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M.Pd, dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn.,M.A,
Uncontrolled Keywords: Rasa ingin tahu, prestasi belajar IPS, model NHT.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 28 Apr 2017 01:20
Last Modified: 28 Apr 2017 08:53
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item View Item