RAHAYU, ALFRIESTA (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS V SD NEGERI KALICUPAK LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (835kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (785kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (553kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS materi Peristiwa Sekitar Proklamasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kalicupak Lor, dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar angket rasa ingin tahu siswa. Berdasarkan hasil tes individu, presentase belajar siswa pada siklus I yaitu diperoleh nilai rata-rata 63,75 dengan ketuntuntasan belajar 54,54% dan pada siklus kedua nilai rata-rata naik menjadi 75,42 dengan ketuntasan belajar 81,81%. Sedangkan pada hasil rasa ingin tahu siswa memperoleh nilai rata-rata pada siklus I yaitu 2,59 dan naik menjadi 3,28 pada siklus II. Dari hasil rasa ingin tahu siswa tersebut terjadi peningkatan rasa ingin tahu siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat me ningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS materi Peristiwa Sekitar Proklamasi pada siswa kelas V SD Negeri Kalicupak Lor pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Kecamatan Kalibagor. Kabupaten Banyumas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M.Pd, dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn.,M.A, |
Uncontrolled Keywords: | Rasa ingin tahu, prestasi belajar IPS, model NHT. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 01:20 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 08:53 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/1762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |