HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN KEPATUHAN MENGGUNAKAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO

PRASETYO, PAMBUDI EKO (2013) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN KEPATUHAN MENGGUNAKAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL_Pambudi Eko P..pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Pambudi Eko P..pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Pambudi Eko P..pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Pambudi Eko P..pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
BAB IV_Pambudi Eko P..pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB V_Pambudi Eko P..pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Pambudi Eko P..pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_Pambudi Eko P..pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)

Abstract

Latar Belakang: Pasien yang dirawat di rumah sakit banyak yang menderita penyakit menular, sehingga perawat sangat rentan tertular oleh penyakit pasien jika tidak menggunakan APD yang standar. Kepatuhan perawat dalam menggunakan APD dapat dipengaruhi oleh faktor pengetahuan perawat tentang APD. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan perawat dengan kepatuhan menggunakan APD. Metode: Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan sejak bulan Nopember sampai dengan Desember 2012 terhadap 48 perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Wijayakusuma Purwokerto yang dipilih secara simpel random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil: Pengetahuan perawat tentang APD yang tergolong kurang menempati urutan terbanyak yaitu 25 responden (52%). Sejumlah 23 orang responden (48%) termasuk tingkat pengetahuan baik. Sejumlah 17 responden (35%) dinyatakan patuh menggunakan APD, namun yang termasuk kategori tidak patuh masih relatif tinggi yaitu 31 responden (65%). Hasil uji chi square ditemukan p value 0,043 lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan perawat dengan tingkat kepatuhan menggunakan APD. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dengan tingkat kepatuhan perawat di Rawat Inap Rumah Sakit Wijaya Kusuma Purwokerto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Ns. Arikh Ratna Purwadi, S.Kep., M.H. dan Ns. Sri Suparti, S.Kep.
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Perawat, Alat Pelindung Diri
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 10 Nov 2016 04:12
Last Modified: 10 Nov 2016 04:12
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item View Item