KURNIAWAN, WINDU TRIAS (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI PESANTREN (Studi Kasus di Pesantren Miftahussalam Banyumas). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Windu Trias Kurniawan_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Windu Trias Kurniawan_BAB I.pdf Download (731kB) | Preview |
Preview |
Text
Windu Trias Kurniawan_Bab II.pdf Download (955kB) | Preview |
![]() |
Text
Windu Trias Kurniawan_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
![]() |
Text
Windu Trias Kurniawan_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (954kB) |
![]() |
Text
Windu Trias Kurniawan_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
Preview |
Text
Windu Trias Kurniawan_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (668kB) | Preview |
![]() |
Text
Windu Trias Kurniawan_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan nilai-nilai Pendidikan
Islam Multikultural di Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas. Jenis penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik dalam
penentuan subjek adalah teknik sampling bertujuan (
Purposive Sampling
), dengan
subjek penelitian : pimpinan pondok pesantren Miftahussalam Banyumas, bidang
asrama, ustadz wali kamar, pengurus ikatan santri dan sebagian santri. Sedangkan
teknik pengumpulan datanya dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis
data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukk
an bahwa : penanaman nilai
-nilai pendidikan
Islam Multikultural di pondok pesantren Miftahussalam Banyumas dilaksanakan
melalui kegiatan
-kegiatan keseharian santri. Nilai
-nilai tersebut adalah a)
nilai
demokrasi, b) nilai kesetaraan, c) nilai keadilan, d) ni
lai keragaman, e) nilai
kemanusiaan, f) nilai kebersamaan, g) nilai kedamaian. Keberhasilan penanaman
nilai
-nilai pendidikan Islam Multikultural dapat dibuktikan dengan adanya kegiatan
-
kegiatan yang menghargai keragaman seperti
Home
event
, malam
apresiasi
santri,
pemilihan penguru
s
ikatan santri dan lain
-lain. F
aktor yang mempengaruhi
keberhasilan penanaman nilai
-nilai Pendidikan Islam Multikultural adalah Visi dan
Misi pesantren yang berorientasi pad
a pembiasaan
Akhlakul Karimah
, fasilitas yang
memadai dan
staf
pendidik
yang kompeten. Sedangkan fa
ktor penghambatnya adalah
terdapat
sebagian santri yang
tidak
memahami pentingnya
pendidikan Islam
Multikultural,
peran
pengurus Ikatan Santri yang
kurang optimal karena harus fokus
mempersiapkan
Ujian Nasional dan adanya permasalahan santri yang tidak terdeteksi
oleh dewan ustadz.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Zakiyah, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural, Pesantren |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 03:15 |
Last Modified: | 27 Apr 2017 03:15 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1753 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |