PRIHATIN, RAHMAH (2017) STUDI KORELASI ANTARA KOMUNIKASI EFEKTIF GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
RAHMA PRIHATIN_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RAHMA PRIHATIN_BAB I.pdf Download (781kB) | Preview |
Preview |
Text
RAHMA PRIHATIN_BAB II.pdf Download (786kB) | Preview |
![]() |
Text
RAHMA PRIHATIN_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) |
![]() |
Text
RAHMA PRIHATIN_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) |
![]() |
Text
RAHMA PRIHATIN_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
Preview |
Text
RAHMA PRIHATIN_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (648kB) | Preview |
![]() |
Text
RAHMA PRIHATIN_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan korelasi antara komunikasi efektif guru dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah tahun pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode studi korelasi.Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto semester gasal tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 121 siswa, dengan sampel penelitian sebesar 50% sehingga berjumlah 60 siswa kelas XI.. Metode pengumpulan data adalah berupa metode angket, wawancara dan dokumentasi, dan analisis data menggunakan metode studi korelasi product moment yang menggunakan aplikasi SPSS Ver.16.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada korelasi antara komunikasi efektif guru dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto tahun pelajaran 2016/2017, hal ini dibuktikan dari hasil analisis data perhitungan dengan aplikasi SPSS ver.16.0 menunjukan perolehan r hitung product moment sebesar 0,878 dan P-value (sig) sebesar 0,000. Nilai r tabel untuk N=60 dengan taraf signifikan 5% adalah 0,254 dan pada taraf signifikan 1% adalah 0,330. Alpha (α)yang digunakan adalah 5% = 0,05. Maka hipotesis alternatif diterima karena dua alasan. Alasan pertama yaitu karena r hitung > r tabel yaitu 0,878>0,254 untuk taraf signifikan 5% dan 0,878>0,330 untuk taraf signifikan 1%. Alasan kedua yaitu karena P-value (sig) lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,000<0,05.
Hal ini menunjukan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara komunikasi efektif guru dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto Tahun Pelajaran 2016/2017.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Darodjat, S.Ag., M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Efektif Guru, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 22 Apr 2017 04:12 |
Last Modified: | 22 Apr 2017 04:12 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1717 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |