FADLILLAH, LIANA NOOR (2017) TANGGAPAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH CILONGOK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Liana Noor Fadlillah_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Liana Noor Fadlillah_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Liana Noor Fadlillah_BAB I.pdf]
Preview
Text
Liana Noor Fadlillah_BAB I.pdf

Download (670kB) | Preview
[thumbnail of Liana Noor Fadlillah_BAB II.pdf]
Preview
Text
Liana Noor Fadlillah_BAB II.pdf

Download (790kB) | Preview
[thumbnail of Liana Noor Fadlillah_BAB III.pdf] Text
Liana Noor Fadlillah_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[thumbnail of Liana Noor Fadlillah_BAB IV.pdf] Text
Liana Noor Fadlillah_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[thumbnail of Liana Noor Fadlillah_BAB V.pdf] Text
Liana Noor Fadlillah_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[thumbnail of Liana Noor Fadlillah_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Liana Noor Fadlillah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (693kB) | Preview
[thumbnail of Liana Noor Fadlillah_LAMPIRAN.pdf] Text
Liana Noor Fadlillah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran al-Islam Kemuhammadiyahan serta faktor-faktor yang mempengaruhi tanggapan siswa terhadap pembelajaran al-Islam Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah Cilongok.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis data deskriptif analitis.
Hasil penelitian mengenai Tanggapan Siswa terhadap Pembelajaran al-Islam Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah Cilongok yaitu guru mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan menggunakan metode yang menarik sehingga muncul tanggapan yang baik dari siswa, variasi dan inovasi yang dilakukan guru dalam menyampaikan materi membuat siswa tertarik dan merasa senang dengan pembelajaran al-Islam Kemuhammadiyahan. Ditunjang dengan faktor-faktor yang mempengaruhi tanggapan siswa terhadap pembelajaran al-Islam Kemuhammadiyahan, diantaranya penampilan guru yang selalu tampil rapi dan menarik sehingga menciptakan suasana belajar yang sejuk dan nyaman dalam fikiran siswa, kedekatan guru dan siswa sehingga siswa mampu memberikan tanggapan positif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, guru merencanakan pembelajaran dengan matang disertai dengan jeda yang efektif dan kegiatan yang membuat siswa aktif secara fisik, kesadaran siswa akan kebutuhan mempelajari materi pelajaran al-Islam Kemuhammadiyahan, adanya perasaan senang yang muncul dari diri siswa dalam mengikuti pembelajaran al-Islam Kemuhammadiyahan.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. A. Sulaeman, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa, Pembelajaran al-Islam Kemuhammadiyahan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 22 Apr 2017 04:04
Last Modified: 22 Apr 2017 04:04
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1716

Actions (login required)

View Item View Item