PENGARUH EDUKASI SUPORTIF TERSTRUKTUR TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ORANG TUA TENTANG KESEHATAN LINGKUNGAN YANG MEMPUNYAI ANAK ISPA.

LEOLITA, DIAS AFRIDA (2020) PENGARUH EDUKASI SUPORTIF TERSTRUKTUR TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ORANG TUA TENTANG KESEHATAN LINGKUNGAN YANG MEMPUNYAI ANAK ISPA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dias Afrida Leolita COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dias Afrida Leolita BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dias Afrida Leolita BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
Dias Afrida Leolita BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
Dias Afrida Leolita BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Dias Afrida Leolita BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
Dias Afrida Leolita DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
Dias Afrida Leolita LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Negara berkembang merupakan masalah kesehatan masyarakat terutama pada balita. ISPA bisa diakibatkan oleh faktor internal atau lingkungan dalam rumah yang meliputi faktor individu balita, lingkungan fisik rumah, faktor perilaku. Pengetahuan berperan penting, karena dengan memiliki pengetahuan yang baik, ibu bisa memutuskan sikap apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan. Peningkatan pengetahuan tidak mutlak diperoleh dari pendidikan formal, akan tetapi juga dapat diperoleh pada pendidikan non formal. Edukasi supportif terastruktur merupakan proses interaktif yang mendorong terjadinya pembelajaran, yang merupakan upaya penambahan pengetahuan baru, sikap, dan keterampilan melalui penguatan praktik dan pengalaman tertentu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperiment pendekatan pre-post test design with control group. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi suportif terstruktur terhadap pengetahuan dan sikap ibu yang memempunyai anak ISPA. Hasil penelitian ini terdiri dari pengetahuan, sikap dan indeks rumah sehat (IRS). Dari hasil data diperoleh bahwa ada pengaruh antara edukasi suportif terstruktur terhadap pengetahuan dan sikap dengan nilai p value 0,046 yang ditunjukan oleh terdapatnya perubahan pada indeks rumah sehat (IRS) p value 0,014. Hasil penelitian ini diharapakan dapat menjadi salah satu media intervensi keperawatan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap orang tua yang mempunyai anak ISPA.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing : Ns. Atika Dhiah Anggraeni, M.Kep.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengetahuan, Sikap, Edukasi Suportif Terstruktur, ISPA.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan S1
Depositing User: Roni Purwanto
Date Deposited: 28 May 2024 00:49
Last Modified: 04 Nov 2024 06:30
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/16928

Actions (login required)

View Item View Item