Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Perilaku Pengendalian Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Lansia di Puskesmas Sumbang I.

Triono, Agus (2020) Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Perilaku Pengendalian Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Lansia di Puskesmas Sumbang I. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Agus Triono COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Agus Triono BAB I.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Agus Triono BAB II.pdf

Download (980kB) | Preview
[img] Text
Agus Triono BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Agus Triono BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Agus Triono BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[img]
Preview
Text
Agus Triono DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (918kB) | Preview
[img] Text
Agus Triono LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi yaitu tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan diastolik ≥90 mmHg. Lansia merupakan usia yang beresiko tinggi akan penyakit-penyakit degeneratif salah satunya yaitu hipertensi. Keluarga memiliki peranan penting dalam proses pengawasan, pemeliharaan, dan pencegahan terjadinya komplikasi hipertensi di rumah. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga terhadap perilaku pengendalian tekanan darah pada penderita hipertensi lansia di Puskesmas Sumbang I. Metode: Metode penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan desain Quasy-Eksperimental with nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel 36 responden. Hasil: Hasil analisis dengan uji independent t test sesudah diberikan panduan intervensi, ada pengaruh dukungan keluarga terhadap perilaku pengendalian tekanan darah pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p value < 0,05). Dan dari hasil perhitungan dengan rumus effect size, menunjukan bahwa pemberian panduan intervensi dukungan keluarga memiliki efek yang tinggi terhadap sistol dan efek tinggi terhadap diastol. Kesimpulan: Kesimpulan bahwa ada pengaruh dukungan keluarga terhadap perilaku pengendalian tekanan darah pada penderita hipertensi lansia dan memiliki efek tinggi terhadap sistol dan efek tinggi terhadap diastol.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing : Isna Hikmawati, S.KM.,M.Kes (epid)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Hipertensi, Dukungan keluarga, Lanjut usia.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Roni Purwantoro
Date Deposited: 22 May 2024 07:25
Last Modified: 22 May 2024 07:25
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/16904

Actions (login required)

View Item View Item