ABDILLAH, SULIS NUR (2023) STRATEGI GURU ALQURAN DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA ALQURAN PADA SISWA KELAS IX DENGAN METODE TARTILI DI MTS MUHAMMADIYAH PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
SULIS NUR ABDILLAH_COVER.pdf Download (799kB) | Preview |
Preview |
Text
SULIS NUR ABDILLAH_BAB I.pdf Download (983kB) | Preview |
Preview |
Text
SULIS NUR ABDILLAH_BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
SULIS NUR ABDILLAH_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) |
![]() |
Text
SULIS NUR ABDILLAH_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
SULIS NUR ABDILLAH_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (969kB) |
Preview |
Text
SULIS NUR ABDILLAH_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
SULIS NUR ABDILLAH_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Setiap umat Islam disamping wajib mengimani Alquran juga wajib
mempelajari Alquran dengan baik. Namun, penulis menemukan ada sebagian
siswa yang masih mengalami kesulitan dalam membaca Alquran. Diantara
kesulitannya ialah banyaknya ayat yang panjang, masih terbata-bata , dan belum
memahami tajwid. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
strategi guru Alquran dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi siswa
yang kesulitan membaca Alquran dengan metode tartili dan untuk mengetahui
problematika guru dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Alquran dengan
metode tartili di MTs Muhammadiyah Patikraja.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru Alquran dan siswa MTs
Muhammadiyah Patikraja dengan jumlah 42 siswa. Pengumpulan data
menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru Alquran dalam
mengatasi kesulitan membaca Alquran pada siswa kelas IX dengan Metode tartili
di MTs Muhammadiyah Patikraja Kabupaten Banyumas: 1) menyeleksi siswa
yang belum bisa membaca Alquran, 2) mengadakan pembelajaran dengan teman
sebaya. Sedangkan model pembelajaran Metode tartili di MTs Muhammadiyah
Patikraja: 1) Model Pembelajaran Klasikal, 2) Model Pembelajaran Individual, 3)
Model Pembelajaran Baca Simak Murni
Dosen Pembimbing: | ZAKIYAH, ZAKIYAH | nidn0618036602 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru Alquran, Membaca Alquran, Metode Tartili |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:44 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:44 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/16836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |