RIZQI, UPIK MARIFATUR (2017) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMA TIS SISWA KELAS VIIIA SMP DIPONEGORO 7 GUMELAR MELALUI PEMBELAJA RAN STAD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (670kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (929kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (841kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (584kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa kelas VIII A SMP Diponegoro 7 Gumelar tahun ajaran
2016/2017 pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan
diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Saintifik.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Diponegoro 7 Gumelar pada bulan Oktober-
November 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Diponegoro 7 Gumelar semester gasal
tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dimana siklus pertama terdiri dari 2
pertemuan, siklus kedua terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 3 terdiri dari 2
pertemuan. Tahapan dalam setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan,
ob
servasi, evaluasi dan refleksi. Untuk mengukur minat belajar siswa
menggunakan angket minat belajar dan lembar observasi minat belajar.
Sedangkan untuk mengukur tes kemampuan pemecahan masalah matematis
menggunakan tes uraian yang diberikan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh rata-rata minat siswa pada siklus I adalah 52,125% kriteria
cukup baik, dan semakin meningkat lagi setelah dilaksanakan siklus II yaitu
menjadi sebesar 65,08% dengan kriteria baik, kemudian di siklus III meningkat
menjadi 74,65% dengan kriteria baik. Selain minat belajar siswa, kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa juga mengalami peningkatan dari setiap
siklusnya. Rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada tes
sikl
us I sebesar 54,71 dengan kriteria cukup baik, kemudian pada siklus II
meningkat menjadi rata-rata nilai sebesar 61,91 dengan kriteria baik dan
mengalami banyak peningkatan pada tes siklus III menjadi 72,25 dengan kriteria
baik. Berdasarkan data-data yeng diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran STAD dengan pendekatan Saintifik dapat meningkatkan
minat dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII A SMP
Diponegoro 7 Gumelar.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Ahmad, M.Pd, |
Uncontrolled Keywords: | Minat, Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Pendekatan Saintifik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 03:34 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 02:55 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |