LASTUTI,, TRI WINDI (2017) PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 PURWANEGARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (640kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (722kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (568kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan penalaran
matematika siswa melalui metode Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan
Video
pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Purwanegara. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)yang dilaksanakan dalam 3 siklus
dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi.
Untuk mengukur keaktifan siswa dilakukan observasi terhadap pelaksanaan
tindakan kelas dengan menggunakan lembar observasi, dan untuk mengukur
kemampuan penalaran matematika siswa dilakukan tes kemampuan penalaran
ma
tematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah
berbantuan Video dapat meningkatkan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari
meningkatnya keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dari siklus
I hingga siklus III dimana siklus I nilai rata-ratanya 37.5 siklus II memperoleh
nilai rata
-rata 51.5 dan siklus III nilai rata-ratanya 75.5. Hasil tes evaluasi
kemampuan penalaran matematika siklus I diperoleh nilai rata-rata 53.8, siklus II
diperoleh nilai rata-rata 62 dan siklus III diperoleh nilai rata-rata 75.1.
Berdasarkan data yang diperoleh maka disimpulkan bahwa model Pembelajaran
Berbasis Masalah berbantuan Video dapat meningkatkan keaktifan dan
kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 1
Pyrwanegara.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno M. Pd, dan Dr. H. Akhmad Jazuli, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Kemampuan Penalaran, Pembelajaran Berbasis Masalah berbatuan video
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2017 03:16
Last Modified: 04 Nov 2024 04:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1675

Actions (login required)

View Item View Item