DEWI, EPRILIANNA (2017) PEMBELAJARAN BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIVITAS SISWA SMA N 1 PADAMARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of EPRILIANNA DEWI COVER.pdf]
Preview
Text
EPRILIANNA DEWI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of EPRILIANNA DEWI BAB I.pdf]
Preview
Text
EPRILIANNA DEWI BAB I.pdf

Download (566kB) | Preview
[thumbnail of EPRILIANNA DEWI BAB II.pdf]
Preview
Text
EPRILIANNA DEWI BAB II.pdf

Download (580kB) | Preview
[thumbnail of EPRILIANNA DEWI BAB III.pdf] Text
EPRILIANNA DEWI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[thumbnail of EPRILIANNA DEWI BAB IV.pdf] Text
EPRILIANNA DEWI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[thumbnail of EPRILIANNA DEWI BAB V.pdf] Text
EPRILIANNA DEWI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[thumbnail of EPRILIANNA DEWI DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
EPRILIANNA DEWI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (567kB) | Preview
[thumbnail of EPRILIANNA DEWI LAMPIRAN.pdf] Text
EPRILIANNA DEWI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir
kreatif dan sikap kreativitas siswa SMA N 1 Padamara antara pembelajaran
berbasis bioentrepreneurship dan pembelajaran problem solving. Jenis penelitian
yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan desain penelitian Posttest Only
Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XII IPA SMA N 1 Padamara, dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas.
Kelas XII IPA 1 (kelas eksperimen) diberi perlakuan dengan pembelajaran
berbasis bioentrepreneurship. Kelas XII IPA 2 (kelas kontrol) diberi perlakuan
dengan problem solving. Hasil yang diperoleh baik pada kelas kontrol maupun
kelas eksperimen pada postes 1 maupun postes 2 menunjukkan kemampuan
berpikir kreatif tertinggi terdapat pada indikator memproduksi. Sikap kreativitas
siswa berdasarkan hasil angket pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen yang
terbaik pada indikator rasa ingin tahu. Hasil analisis statistik melalui uji t
independent diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) = 0,294 > α = 0,05 (postes 1)
dan Asymp. Sig (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05 (postes 2). Berdasarkan hasil
analisis statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan antara pembelajaran problem
solving dengan pembelajaran berbasis bioentrepreneurship. Hasil analisis statistik
melalui uji t independent terhadap sikap kreativitas siswa diperoleh nilai Asymp.
Sig (2-tailed) = 0,029 < α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis statistik dapat
disimpulkan terdapat perbedaan sikap kreativitas yang signifikan antara siswa
dengan pembelajaran problem solving dan siswa dengan pembelajaran berbasis
bioentreprenurship. Perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreativitas
siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: 1) motivasi intrinstik; 2)
motivasi ekstrinstik; 3) kecerdasan; 4) kepribadian; 5) gaya kognitif; 6) bakat
kreatif produktif.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tumisem, S.Pd. dan Drs. Arief Husin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: bioentrepreneurship, kemampuan berpikir kreatif, sikap kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 17 Apr 2017 04:12
Last Modified: 04 Jul 2024 03:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item