DEWI, EPRILIANNA (2017) PEMBELAJARAN BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIVITAS SISWA SMA N 1 PADAMARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
EPRILIANNA DEWI COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
EPRILIANNA DEWI BAB I.pdf Download (566kB) | Preview |
Preview |
Text
EPRILIANNA DEWI BAB II.pdf Download (580kB) | Preview |
![]() |
Text
EPRILIANNA DEWI BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
![]() |
Text
EPRILIANNA DEWI BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) |
![]() |
Text
EPRILIANNA DEWI BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
Preview |
Text
EPRILIANNA DEWI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (567kB) | Preview |
![]() |
Text
EPRILIANNA DEWI LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir
kreatif dan sikap kreativitas siswa SMA N 1 Padamara antara pembelajaran
berbasis bioentrepreneurship dan pembelajaran problem solving. Jenis penelitian
yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan desain penelitian Posttest Only
Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XII IPA SMA N 1 Padamara, dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas.
Kelas XII IPA 1 (kelas eksperimen) diberi perlakuan dengan pembelajaran
berbasis bioentrepreneurship. Kelas XII IPA 2 (kelas kontrol) diberi perlakuan
dengan problem solving. Hasil yang diperoleh baik pada kelas kontrol maupun
kelas eksperimen pada postes 1 maupun postes 2 menunjukkan kemampuan
berpikir kreatif tertinggi terdapat pada indikator memproduksi. Sikap kreativitas
siswa berdasarkan hasil angket pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen yang
terbaik pada indikator rasa ingin tahu. Hasil analisis statistik melalui uji t
independent diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) = 0,294 > α = 0,05 (postes 1)
dan Asymp. Sig (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05 (postes 2). Berdasarkan hasil
analisis statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan antara pembelajaran problem
solving dengan pembelajaran berbasis bioentrepreneurship. Hasil analisis statistik
melalui uji t independent terhadap sikap kreativitas siswa diperoleh nilai Asymp.
Sig (2-tailed) = 0,029 < α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis statistik dapat
disimpulkan terdapat perbedaan sikap kreativitas yang signifikan antara siswa
dengan pembelajaran problem solving dan siswa dengan pembelajaran berbasis
bioentreprenurship. Perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreativitas
siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: 1) motivasi intrinstik; 2)
motivasi ekstrinstik; 3) kecerdasan; 4) kepribadian; 5) gaya kognitif; 6) bakat
kreatif produktif.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Tumisem, S.Pd. dan Drs. Arief Husin, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | bioentrepreneurship, kemampuan berpikir kreatif, sikap kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 04:12 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 03:38 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |