ASROFI, HANAN (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MEMBACA PETA LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN SKALA SEDERHANA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 2 PURWOKERTO LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
COVER_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
BAB I_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf

Download (642kB) | Preview
[thumbnail of BAB II_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
BAB II_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf

Download (840kB) | Preview
[thumbnail of BAB III_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf] Text
BAB III_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[thumbnail of BAB IV_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf] Text
BAB IV_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf] Text
BAB V_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf] Text
LAMPIRAN_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah
yaitu prestasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) yang masih kurang pada siswa kelas IVA SD Negeri 2
Purwokerto Lor. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
prestasi belajar IPS pada siswa kelas IVA SD Negeri 2 Purwokerto
Lor melalui metode Discovery Learning. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam
dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian
adalah siswa kelas IVA SD Negeri 2 Purwokerto Lor yang
berjumlah 20 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi
belajar siswa kelas IVA SD Negeri 2 Purwokerto Lor mengalami
Peningkatan setelah diterapkannya metode Discovery Learning
pada pembelajaran. Hasil ini ditunjukkan dengan adanya
peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya.
Peningkatan prestasi belajar berdasarkan hasil tes evaluasi di setiap
siklus meningkat, pada siklus I ditunjukkan dengan peningkatan
nilai rata-rata sebesar 67 dengan ketuntasan belajar 60% dengan
kriteria cukup, sedangkan hasil prestasi belajar pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata 85, ketuntasan belajar 85% dengan kriteria
sangat baik. Peningkatan aktivitas guru berdasarkan observasi di
setiap siklus menunjukkan peningkatan, hasil aktivitas guru pada
siklus I dengan nilai rata-rata 2,3 dengan kriteria baik dan pada
siklus II menjadi 3,52dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa
berdasarkan observasi dari siklus I nilai rata-rata 1,99 dengan
kriteria cukup dan pada siklus II nilai rata-rata 3,03 dengan kriteria
sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode
pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi
belajar IPS siswa kelas IVA SD Negeri 2 Purwokerto Lor.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M. Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn.
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Discovery Learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 17 Apr 2017 03:25
Last Modified: 12 Jun 2024 06:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item View Item