ASROFI, HANAN (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MEMBACA PETA LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN SKALA SEDERHANA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 2 PURWOKERTO LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf Download (642kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf Download (840kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (958kB) |
![]() |
Text
BAB IV_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf Download (635kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_HANAN ASROFI_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah
yaitu prestasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) yang masih kurang pada siswa kelas IVA SD Negeri 2
Purwokerto Lor. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
prestasi belajar IPS pada siswa kelas IVA SD Negeri 2 Purwokerto
Lor melalui metode Discovery Learning. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam
dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian
adalah siswa kelas IVA SD Negeri 2 Purwokerto Lor yang
berjumlah 20 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi
belajar siswa kelas IVA SD Negeri 2 Purwokerto Lor mengalami
Peningkatan setelah diterapkannya metode Discovery Learning
pada pembelajaran. Hasil ini ditunjukkan dengan adanya
peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya.
Peningkatan prestasi belajar berdasarkan hasil tes evaluasi di setiap
siklus meningkat, pada siklus I ditunjukkan dengan peningkatan
nilai rata-rata sebesar 67 dengan ketuntasan belajar 60% dengan
kriteria cukup, sedangkan hasil prestasi belajar pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata 85, ketuntasan belajar 85% dengan kriteria
sangat baik. Peningkatan aktivitas guru berdasarkan observasi di
setiap siklus menunjukkan peningkatan, hasil aktivitas guru pada
siklus I dengan nilai rata-rata 2,3 dengan kriteria baik dan pada
siklus II menjadi 3,52dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa
berdasarkan observasi dari siklus I nilai rata-rata 1,99 dengan
kriteria cukup dan pada siklus II nilai rata-rata 3,03 dengan kriteria
sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode
pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi
belajar IPS siswa kelas IVA SD Negeri 2 Purwokerto Lor.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M. Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn. |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Discovery Learning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 03:25 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 06:20 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |