HIDAYAT, ROFQI (2017) PENGARUH KEMANDIRIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKHLAQ KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 10 TAMANSARI KARANGMONCOL PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
RIFQI HIDAYAT COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RIFQI HIDAYAT BAB I.pdf Download (576kB) | Preview |
Preview |
Text
RIFQI HIDAYAT BAB II.pdf Download (820kB) | Preview |
![]() |
Text
RIFQI HIDAYAT BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
RIFQI HIDAYAT BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
![]() |
Text
RIFQI HIDAYAT BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
Preview |
Text
RIFQI HIDAYAT DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (605kB) | Preview |
![]() |
Text
RIFQI HIDAYAT LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemandirian terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Tamansari Karangmoncol Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian populasi dimana objeknya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Tamansari Karangmoncol Purbalingga tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 laki laki dan 12 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan datanya angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus Product Moment.
Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh kemandirian terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akhlaq di SMP Muhammadiyah 10 Tamansari Karangmoncol Purbalingga hal tersebut dibuktikan dengan analisis statistik rumus Product Moment. Adapun hasil perhitungan didapatkan bahwa rxy sebesar 0,679 dan rtabel dengan taraf signifikasi 5%, N=25 sebesar 0,381. Hal tersebut menunjukan rxy> rtabel dengan taraf signifikasi 5% adalah 0,679 > 0,381 dan dengan taraf signifikasi 1% adalah 0,679 > 0,387.Dengan demikian maka hipotesis yang peneliti ajukan bahwa ada pengaruh kemandirian terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Tamansari Karangmoncol Purbalingga tahun pelajaran 2016/2017 dapat diterima sedangkan hipotesis nihil ditolak. Hasil perhitungan tersebut (rxy) berada diantara 0,40 – 0,70 yang berarti pengaruh antara variabel kemandirian (X) dan variabel prestasi belajar (Y) adalah pengaruh yang sedang atau cukup.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Zakiyah, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | kemandirian, prestasi belajar akhlaq, pengaruh |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Nur Hardiansyah |
Date Deposited: | 15 Apr 2017 03:35 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 00:32 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |