ARDHIANSYAH, FADHIL (2017) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP DENGAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of FADHIL ARDHIANSYAH COVER.pdf]
Preview
Text
FADHIL ARDHIANSYAH COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of FADHIL ARDHIANSYAH BAB I.pdf]
Preview
Text
FADHIL ARDHIANSYAH BAB I.pdf

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of FADHIL ARDHIANSYAH BAB II.pdf]
Preview
Text
FADHIL ARDHIANSYAH BAB II.pdf

Download (841kB) | Preview
[thumbnail of FADHIL ARDHIANSYAH BAB III.pdf] Text
FADHIL ARDHIANSYAH BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[thumbnail of FADHIL ARDHIANSYAH BAB IV.pdf] Text
FADHIL ARDHIANSYAH BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of FADHIL ARDHIANSYAH BAB V.pdf] Text
FADHIL ARDHIANSYAH BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[thumbnail of FADHIL ARDHIANSYAH DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
FADHIL ARDHIANSYAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of FADHIL ARDHIANSYAH LAMPIRAN.pdf] Text
FADHIL ARDHIANSYAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis (critical thinking) peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto menggunakan pembelajaran berbasis bioentrepreneurship pada materi sistem pencernaan makanan yang telah dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2016. Penelitian termasuk dalam kategori Quasi Eksperimental dengan desain penelitan yang digunakan adalah Postest-Only Control Group Design. Sebagai perlakuan pertama digunakan pembelajaran berbasis bioentrepreneurship (kelas eksperimen), perlakuan kedua menggunakan pembelajaran praktikum (kelas kontrol). Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis Independent Sample t-Test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan adanya pengaruh rata-rata kemampuan berpikir kritis (critical thinking) peserta didik yang terdiri dari 5 aspek: 1) elementary clarification, 2) the basis for the decision,3) inference, 4) advanced clarification, dan 5) supposition and integration. Pengaruh rata-rata kemampuan berpikir kritis (critical thinking) peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 41,7% dan kelas kontrol sebesar 29,7% dalam kriteria rendah. Kemampuan berpikir kritis (critical thinking) peserta didik dipengaruhi oleh strategi pembelajaran berbasis bioentrepreneurship dan pembelajaran praktikum yang mengacu pendekatan: a) active learning; b) collaborative learning; c) contextual learning; d) self direct learning; dan e) high order thinking skill.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tumisem, S.Pd., M.Si. dan Drs. Heri Maryanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis bioentrepreneurship, Pembelajaran praktikum, Kemampuan berpikir kritis (critical thinking)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 15 Apr 2017 02:28
Last Modified: 11 Jun 2024 03:02
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item