RAHMAWTI, TIA RESTU (2017) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TURNAMENT BERBANTU METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD N 1 KARANGBAWANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Tia Restu Rahmawati COVER.pdf]
Preview
Text
Tia Restu Rahmawati COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tia Restu Rahmawati BAB I.pdf]
Preview
Text
Tia Restu Rahmawati BAB I.pdf

Download (573kB) | Preview
[thumbnail of Tia Restu Rahmawati BAB II.pdf]
Preview
Text
Tia Restu Rahmawati BAB II.pdf

Download (661kB) | Preview
[thumbnail of Tia Restu Rahmawati BAB III.pdf] Text
Tia Restu Rahmawati BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Tia Restu Rahmawati BAB IV.pdf] Text
Tia Restu Rahmawati BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Tia Restu Rahmawati BAB V.pdf] Text
Tia Restu Rahmawati BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[thumbnail of Tia Restu Rahmawati DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Tia Restu Rahmawati DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (566kB) | Preview
[thumbnail of Tia Restu Rahmawati LAMPIRAN.pdf] Text
Tia Restu Rahmawati LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melaluimodel pembelajaran Team Games Tournament (TGT)berbantu metode pembelajaran demonstrasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karangbawang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas sebanyak 28 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan, satu pertemuan terdiri dari 3×35 menit. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, rasa tanggung jawab siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 3,25 dengan kriteria baik, siklus II diperoleh rata-rata 3,35 dengan kriteria sangat baik. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 76,2 dengan persentase ketuntasan 64,3% kriteria cukup, siklus II diperoleh rata-rata 82,6 dengan persentase ketuntasan 78,5% kriteria baik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Games Tournament berbantu metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Karangbawang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Yudha Febrianta, M.Or.
Uncontrolled Keywords: Rasa Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Pembelajaran Team Games Tournament, Metode Pembelajaran Demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 15 Apr 2017 01:41
Last Modified: 24 Dec 2024 07:51
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1603

Actions (login required)

View Item View Item