PERAN GURU DALAM MEWUJUDKAN IKLIM SEKOLAH ISLAMI MELALUI KEBIASAAN 5 S ( SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN, SANTUN ) DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO

AWALI, FIBI ADISTIYA (2020) PERAN GURU DALAM MEWUJUDKAN IKLIM SEKOLAH ISLAMI MELALUI KEBIASAAN 5 S ( SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN, SANTUN ) DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FIBI ADISTIYA AWALI_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIBI ADISTIYA AWALI_BAB I.pdf

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIBI ADISTIYA AWALI_BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
FIBI ADISTIYA AWALI_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[img] Text
FIBI ADISTIYA AWALI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
FIBI ADISTIYA AWALI_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[img]
Preview
Text
FIBI ADISTIYA AWALI_DAPUS.pdf

Download (988kB) | Preview
[img] Text
FIBI ADISTIYA AWALI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru dalam Mewujudkan Iklim Sekolah Islami Melalui Kebiasaan 5 S (Senyum, Sapa,Salam, Sopan, dan Santun) di SMA Negeri 4 Purwokerto Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dengan subyek penelitian adalah semua warga sekolah yaitu kepala sekolah, beberapa bapak/ibu guru serta peserta didik di SMA Negeri 4 Purwokerto. Metode pengumpulan data berupa metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Langkah-langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran guru dalam mewujudkan iklim sekolah islami melalui kebiasaan 5 S dengan beberapa peranan yaitu: (1) keteladanan atau contoh, (2) pembiasaan (3) Nasehat. Dengan peran tersebut diharapkan para peserta didik tidak hanya menerapkan di lingkungan sekolah saja tetapi sampai terbawa di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Manfaat dari kebiasaan tersebut antar lain: menumbuhsuburkan lingkungan sekolah, menciptakan keakraban dan kekeluargaan serta membentuk karakter anak berperilaku baik. Sedangkan faktor penghambat dari pelaksanaan kegiatan tersebut antar lain : kurangnya kesadaran dari peserta didik dan rendahnya sikap perhatian dari diri peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Iklim sekolah islami, Kebiasaan 5 S
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Catur Indra H.
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:33
Last Modified: 10 Apr 2023 06:33
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/15482

Actions (login required)

View Item View Item