ASIH, SAFRILIA INDAH BUDHI (2021) IMPLEMENTASI METODE PQ4R DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IBADAH MATERI JUAL BELI SESUAI SYARIAT ISLAM. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Cover SAFRILIA INDAH BUDHI ASIH.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab I SAFRILIA INDAH BUDHI ASIH.pdf Download (961kB) | Preview |
Preview |
Text
Bab II SAFRILIA INDAH BUDHI ASIH.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
Bab III SAFRILIA INDAH BUDHI ASIH.pdf Restricted to Registered users only Download (815kB) |
![]() |
Text
Bab IV SAFRILIA INDAH BUDHI ASIH.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) |
![]() |
Text
Bab V SAFRILIA INDAH BUDHI ASIH.pdf Restricted to Registered users only Download (802kB) |
Preview |
Text
Dapus SAFRILIA INDAH BUDHI ASIH.pdf Download (923kB) | Preview |
![]() |
Text
Lampiran SAFRILIA INDAH BUDHI ASIH.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan minat siswa dalam membaca materi pelajaran menurun. Siswa sudah terlalu nyaman dengan adanya sosial media yang didalamnya terdapat banyak hal bahkan apa yang dibutuhkan siswa tersedia. Keterampilan dasar dan kreativitas guru dalam mengajar adalah tuntutan yang wajib dimiliki dan dikuasai, seperti halnya metode belajar. Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) ialah metode belajar yang diberikan kepada peserta didik agar dapat mengingat kembali materi pelajaran yang telah dibacanya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Metode PQ4R
Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ibadah Materi Jual Beli Sesuai Syariat Islam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang didalamnya mendeskripsikan tentang langkah-langkah dan kesesuaian dalam mengimplementasikan metode pembelajaran PQ4R di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa langkah-langkah metode PQ4R yang digunakan oleh guru mata pelajaran ibadah sudah sesuai dengan panduan yang sudah ada sebelumnya. Namun pada saat proses pembelajaran dilaksanakan secara daring langkah-langkah tersebut sedikit berbeda terutama pada bagian review. Saat pembelajaran luring, pada bagian review siswa diinstruksikan untuk membaca hasil intisari yang telah disusunnya, namun saat pembelajaran daring siswa hanya di instruksikan untuk mengumpulkan hasil intisari di google classroom. Metode PQ4R juga kurang efektif digunakan pada pembelajaran daring karena guru sulit mengetahui mana siswa yang benar-benar membaca dan mendalami materi, dan mana siswa yang tidak mendalami materi. Karena kunci dari metode PQ4R adalah siswa membaca dan mendalami materi.
Dosen Pembimbing: | WAGE, WAGE | nidn0614056602 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Metode PQ4R, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Ibadah, Jual Beli Sesuai Syariat Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | wulan |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 06:19 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 03:10 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/14994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |