ALFIAN, IZZA (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM BUKU “KHULAFAUR RASYIDIN”. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
IZZA ALFIAN_COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
IZZA ALFIAN_BAB 1.pdf Download (582kB) | Preview |
Preview |
Text
IZZA ALFIAN_BAB 2.pdf Download (715kB) | Preview |
![]() |
Text
IZZA ALFIAN_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
![]() |
Text
IZZA ALFIAN_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
![]() |
Text
IZZA ALFIAN_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
Preview |
Text
IZZA ALFIAN_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (576kB) | Preview |
![]() |
Text
IZZA ALFIAN_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) |
Abstract
Al-Qur’an berisi tentang nilai-nilai pendidikan Islam terdiri dari tiga pilar utama yaitu: Pertama, I’tiqādiyyah, yang berkaitan dengan nilai pendidikan keimanan atau aqidah, yang bertujuan untuk menata kepercayan individu, seperti percaya kepada Allah, malaikat, rasul, kitab, hari akhir dan takdir. Kedua, Khuluqiyyah, yang berkaitan dengan nilai pendidikan etika atau akhlak, yang bertujuan untuk membersihkan diri dari perilaku rendah dan menghiasi diri dengan perilaku terpuji. Ketiga, ‘Amaliyyah, yang berkaitan dengan nilai pendidikan ibadah, yang memuat hubungan antara manusia dengan Tuhannya, seperti salat, puasa, zakat, haji dan yang bertujuan untuk aktualisasi nilai-nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam buku Khulafaur Rasyidin.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yakni dengan membaca, menelaah dan mengkaji buku-buku dan sumber tulisan yang erat kaitannya dengan masalah yang dibahas, yaitu berpedoman dari Buku Khulafaur Rasyidin yang berjudul Khulafaur Rasyidin (Biografi 4 pemimpin terbaik dalam sejarah islam) karya Yoli Hemdi Dkk. sebagai referensi primer dan buku-buku lain yang mendukung sebagai referensi sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, yaitu mengumpulkan buku-buku, jurnal dan hasil penelitian lainnya.Teknik analisis dalam penelitian ini adalah teknik content analysis.Adapun dalam pembahasannya penulis menggunakan metode induktif dan deduktif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Nilai pendidikan akidah dalam buku Khulafaur Rasyidin yaitu mengimani Allah dan makna Syahadatain. Khulafaur Rasyidin memberikan contoh inspirasi dengan hal-hal yang dicontohkan pada buku tersebut dan mampu merubah sikap manusia yang lebih baik, karena dibuktikan dengan kisah 4 pemimpin terbaik dalam sejarah islam.
2) Nilai pendidikan akhlak dalam buku Khulafaur Rasyidin adalah akhlak kepada Allah dan akhlak kepada manusia. Khulafaur Rasyidin mencontohkan hubungan baik kepada Allah dengan segala ketawakalannya. Berbaik sangka dan percaya pada perlindungan Allah Swt apapun yang terjadi. Adapun Akhlak kepada manusia Khulafaur Rasyidin mengajarkan dan memberikan contoh untuk berbuat nilai kebaikan (Kelembutan, kejujuran dan keikhlasan) kepada manusia. 3) Nilai pendidikan Ibadah dalam buku Khulafaur Rasyidin adalah mencontohkan segala perbuatan melaksanakan kewajiban umat muslim yang baik dan benar sesuai ajaran Alquran dan Assunnah.
Dosen Pembimbing: | SULAEMAN, SULAEMAN | nidn0627076602 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan, Khulafaur Rasyidin. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | wulan |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 08:41 |
Last Modified: | 21 May 2024 03:45 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/14898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |