MUFLIAH, MUFLIAH (2017) PERBANDINGAN POLA KEMAMPUAN BERPIKIR KONSEP SISWA SMA N 1 PADAMARA ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of MUFLIAH COVER.pdf]
Preview
Text
MUFLIAH COVER.pdf

Download (905kB) | Preview
[thumbnail of MUFLIAH BAB I.pdf]
Preview
Text
MUFLIAH BAB I.pdf

Download (629kB) | Preview
[thumbnail of MUFLIAH BAB II.pdf]
Preview
Text
MUFLIAH BAB II.pdf

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of MUFLIAH BAB III.pdf] Text
MUFLIAH BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[thumbnail of MUFLIAH BAB IV.pdf] Text
MUFLIAH BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[thumbnail of MUFLIAH BAB V.pdf] Text
MUFLIAH BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[thumbnail of MUFLIAH DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
MUFLIAH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of MUFLIAH LAMPIRAN.pdf] Text
MUFLIAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pola kemampuan
berpikir konsep siswa antara pembelajaran berbasis bioentrepreneurship dengan
pembelajaran berbasis masalah terhadap materi pencemaran lingkungan.
Perlakuan pembelajaran yang dilakukan terhadap kemampuan berpikir konsep
siswa SMA kelas X yaitu pembelajaran berbasis bioentrepreneurship dan
pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian
Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah postest
control group design. Sebagai perlakuan pertama digunakan pembelajaran
berbasis bioentrepreneurship (kelas eksperimen), perlakuan kedua pada kelas
kontrol dilakukan perlakuan pembelajaran berbasis masalah. Hasil yang diperoleh
baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol pada kegiatan pertama
menunjukkan kemampuan berpikir konsep tertinggi terdapat pada konsep atribut.
Hasil yang diperoleh baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol pada
kegiatan kedua menunjukkan kemampuan berpikir konsep tertinggi terdapat pada
konsep keinklusifan. Berdasarkan hasil analisis uji t baik pada kelas eksperimen
maupun kelas kontrol terjadi peningkatan kemampuan berpikir konsep.
Peningkatan kemampuan berpikir konsep siswa kelas eksperimen yaitu sebesar
34%, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 23,8%. Hal tersebut menunjukkan
bahwa peningkatan tertinggi terjadi pada kelas eksperimen dengan selisih 10,2%.
Perbedaan peningkatan kemampan berpikir terjadi karena pembelajaran
bioentrepreneurship yang terjadi secara real dan pembelajaran berbasis masalah
yang terjadi secara abstrak. Dari hasil analisis hierarchial clustering didapatkan
berbagai pola berpikir konsep siswa baik pada kelas kontrol maupun kelas
eksperimen. Pola berpikir konsep ini menunjukkan urutan berpikir konsep siswa
yang berbeda selama pembelajaran. Perbedaan ini disebabkan oleh berbagai faktor
yang mempengaruhi cara berpikir konsep siswa.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tumisem, S.Pd., M.Si. dan Drs. Arief Husin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bioentrepreneurship, berpikir konsep, pendekatan saintifik, pola kemampuan berpikir konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:15
Last Modified: 11 Nov 2024 07:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1473

Actions (login required)

View Item View Item