FIFI, HANDIYANI (2017) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA M ATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN L INGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN GALLERY WALK (G ALERI BELAJAR ) DI KELAS V SD N EGERI 1 T AMANSARI. S3 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
FIFI HANDAYANI - COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
FIFI HANDAYANI - BAB I.pdf Download (646kB) | Preview |
Preview |
Text
FIFI HANDAYANI - BAB II.pdf Download (769kB) | Preview |
![]() |
Text
FIFI HANDAYANI - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
FIFI HANDAYANI - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
![]() |
Text
FIFI HANDAYANI - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
Preview |
Text
FIFI HANDAYANI - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (635kB) | Preview |
![]() |
Text
FIFI HANDAYANI - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri 1 Tamansari ini dilakukan
untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar
siswa mata pelajaran
IPA materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungan melalui pembelajaran
Gallery Walk
(Galeri Belajar). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri
1 Tamansari yang berjumlah 34 siswa, penel
itian ini dilakukan dalam 2 siklus
yang masing
-masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan.
Pada setiap siklusnya
terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Teknik
pengumpulan data menggunakan
lembar angket tanggung jawab, lembar
evaluasi,
lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa.
Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan di kelas V SD
Negeri 1 Tamansari, diperoleh hasil bahwa penerapan pembelajaran
Gallery Walk
(Galeri Belajar) dapat
meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa.
Tanggung jawab pada siklus I diperoleh skor rata
-rata 3,537 dengan presentase
ketuntasan 61,76% (baik) dan pada siklus II diperoleh skor rata
-rata 3,984 dengan
presentase ketuntasan 85,29% (sangat bai
k). Perolehan rata
-rata skor prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi penyesuaian makhluk hidup dengan
lingkungan pada siklus I sebesar 66,76 dengan presentase ketuntasan 70,5% (baik)
dan meningkat pada siklus II sebesar 78,67 dengan presentas
e 85,29% (baik
sekali). Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD
Negeri 1 Tamansari yang menggunakan pembelajaran
Gallery Walk
(Galeri
Belajar) dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA materi
penyesuaian makh
luk hidup dengan lingkungan
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (S3) |
Additional Information: | 1. Drs . Karma Iswasta Eka, M. S 2. Dhi Bramasta, S.Si., M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | anggung Jawab, Prestasi Belajar Siswa, IPA, Pembelajaran Gallery Walk (Galeri Belajar) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 01:15 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 01:16 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |