UPAYA MENGATASI KESULITAN MEMBACA ALQURAN PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DARTONO, (2021) UPAYA MENGATASI KESULITAN MEMBACA ALQURAN PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover DARTONO.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I DARTONO.pdf

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II DARTONO.pdf

Download (952kB) | Preview
[img] Text
Bab III DARTONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] Text
Bab IV DARTONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] Text
Bab V DARTONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img]
Preview
Text
Dapus DARTONO.pdf

Download (907kB) | Preview
[img] Text
Lampiran DARTONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengajaran Alquran sangat penting karena sebagai upaya pembumian Alquran di tengah-tengah kehidupan masyarakat Islam, terutama bagi anak-anak muslim. Hal ini dimaksudkan agar memberikan bekal kepada anak-anak sejak dini untuk menata masa depan mereka, sehingga kelak anak-anak kita lebih mudah memahami kandungan Alquran sekaligus mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Upaya pengajaran dan pendidikan Alquran khususnya bagi anak-anak, sudah tentu membutuhkan suatu strategi, cara atau metode guna lebih memudahkan anak-anak memahami,mengetahui dan mengamalkan isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto Tahun ajaran 2020 / 2021 Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dengan subyek penelitian yaitu Guru PAI kelas XI dan siswa/siswi di SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam membaca Alquran yaitu faktor internal atau faktor dari dalam diri siswa itu sendiri yaitu kurangnya motivasi dari orang tua, pelafalan huruf hijaiyah yang terbilang sulit, rasa malas untuk belajar, kemudian siswa merasa kesulitan setiap kali mempelajari Alquran. Kemudian faktor kesulitan berikutnya yaitu faktor eksternal atau faktor dari luar yang mempengaruhi siswa tidak bisa membaca Alquran, yaitu broken home atau retaknya keluarga, kurangnya perhatian dari orang tua, lingkungan masyarakat atau teman bermain, kurangnya dorongan dari orang tua, kemudian yang terkahir karena memang sejak kecil tidak diajarkan Alquran. Upaya yang dilakukan sekolah maupun guru dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran yaitu dengan adanya metode Iqra‟ dalam metode ini guru hanya menyimak siswa yang membaca kemudian guru membetulkan, jika sudah benar semua maka akan lanjut ke jilid berikutnya, upaya selanjutnya yakni mengadakan ekstrakurikuler dan bimbingan diluar jam belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Kesulitan membaca Alquran.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Agus Imam
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:00
Last Modified: 15 Sep 2022 01:00
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/14095

Actions (login required)

View Item View Item