AYUNI, RISKA (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TEMA KAYANYA NEGERIKU KELAS IV SD NEGERI LARANGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
RISKA AYUNI_Cover.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
RISKA AYUNI_BAB 1.pdf Download (784kB) | Preview |
Preview |
Text
RISKA AYUNI_BAB 2.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
RISKA AYUNI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
RISKA AYUNI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
RISKA AYUNI_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) |
Preview |
Text
RISKA AYUNI_Daftar Pustaka.pdf Download (820kB) | Preview |
![]() |
Text
RISKA AYUNI_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan argumentasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas IV SD Negeri Larangan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas Model Kemmis & Mc. Taggart dengan tahapan penelitian yang dilalui yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus. Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu TTW yaitu strategi pembelajaran yang mempunyai tahapan seperti think yang artinya berpikir, talk yang artinya berbicara dan write yang artinya menulis. Jadi strategi pembelajaran TTW lebih menekankan peserta didik untuk berpikir, kemudian disampaikan pendapatnya dan dituliskan dalam bentuk tulisan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa soal evaluasi menulis karangan argumentasi dan non tes terdiri dari observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 3,08 berada pada kategori Baik meningkat pada siklus II menjadi 3,41 berada pada kategori Sangat Baik. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 2,50 berada pada kategori Cukup meningkat pada siklus II menjadi 3,1 berada pada kategori Baik. Serta hasil evaluasi menulis karangan argumentasi pada siklus I dengan nilai rata-rata 65,24 taraf ketuntasan 66,81% berada pada kategori Baik dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata menjadi 74,74 dengan taraf ketuntasan 82,08% berada pada kategori Sangat Baik.
Dosen Pembimbing: | HAWANTI, SANTHY and SUPRIATNA, SUPRIATNA | nidn0610107702, nidn9990527214 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, karangan argumentasi dan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | wulan |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 01:45 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 06:36 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/14054 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |