ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF

SUSANTI, INGGIT TRI (2015) ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Kreativitas merupakan komponen penting dalam pembelajaran matematika yang dapat terlihat dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan matode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Banyumas. Pemilihan subyek dalam penelitian ini menggunakan Matching Familiar Figure Test (MFFT) dengan mengambil 4 siswa untuk kelompok gaya kognitif reflektif dan 4 siswa untuk kelompok gaya kognitif impulsif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa gaya kognitif reflektif mampu menguasai empat indikator kreativitas siswa berdasarkan dimensi kognitif (berpikir kreatif) dalam menyelesaikan masalah matematika yaitu kefasihan (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality) dan terperinci (elaboration). Sedangkan kelompok siswa gaya kognitif impulsif mampu menguasai satu indikator kreativitas siswa berdasarkan dimensi kognitif (berpikir kreatif) dalam menyelesaikan masalah matematika yaitu kefasihan (fluency).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, M.Si. dan Anton Jaelani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 13 Oct 2016 02:08
Last Modified: 13 Oct 2016 02:08
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item