UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERMUATAN CATATAN TULIS DAN SUSUN DI SDN 1 KOTAYASA

AJARWATI, DWI (2018) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERMUATAN CATATAN TULIS DAN SUSUN DI SDN 1 KOTAYASA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DWI FAJARWATI_Cover.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI FAJARWATI_BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI FAJARWATI_BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DWI FAJARWATI_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DWI FAJARWATI_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DWI FAJARWATI_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[img]
Preview
Text
DWI FAJARWATI_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DWI FAJARWATI_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi permasalahan yang ada di kelas V yaitu rendahnya minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Minat belajar siswa masih rendah karena kurangnya rasa ketertarikan dan antusias belajar IPA siswa. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran SAVI Bermuatan Catatan Tulis dan Susun pada mata pembelajaran IPA. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kotayasa dengan subjek Penelitian yaitu kelas V sejumlah 42 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. PTK ini dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data untuk minat belajar menggunakan angket minat dan untuk prestasi belajar siswa menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran SAVI Bermuatan Catatan Tulis dan Susun dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Jumlah skor rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I yaitu 2.34 dengan kriteria cukup, siklus II diperoleh jumlah skor rata-rata kelas yaitu 3.14 dengan kriteria tinggi. Minat belajar dapat dikatakan meningkat dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan kriteria cukup menjadi tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI Bermuatan Catatan Tulis dan Susun dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 65.6 dengan ketuntasan belajar 54%, siklus II diperoleh rata-rata nilai 81.3 dengan ketuntasan belajar 90% sehingga diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 36%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran SAVI Bermuatan Catatan Tulis dan Susun dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual), Minat belajar, IPA, Prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: wulan
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:49
Last Modified: 08 Sep 2022 01:49
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/13999

Actions (login required)

View Item View Item