KURNIAWAN, TRIYANA BUDI (2020) PENDIDIKAN TOLERANSI BERAGAMA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PURWOKERTO. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Cover SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN.pdf]
Preview
Text
Cover SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN-2.pdf]
Preview
Text
Bab I SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN-2.pdf

Download (990kB) | Preview
[thumbnail of Bab II SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN-3.pdf]
Preview
Text
Bab II SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN-3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab III SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN-4.pdf] Text
Bab III SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[thumbnail of Bab IV SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN-5.pdf] Text
Bab IV SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V  SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN-6.pdf] Text
Bab V SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN-7.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN-7.pdf

Download (974kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN-8.pdf] Text
Lampiran SKRIPSI TRIYANA BUDI KURNIAWAN-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui bagaimana kurikulum yang di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan toleransi beragama, 2) menggali hasil dari kegiatan implementasi pendidikan toleransi beragama, 3) mengetahui bentuk-bentuk kegiatan toleransi beragama, 4) mengeksplorasi faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan toleransi beragama.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dilihat dari kedalaman analisis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode penyimpulan induktif yaitu menyimpulkan hal-hal yang bersifat khusus untuk dijadikan deskripsi yang bersifat umum.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan oleh SMAN 1 Purwokerto adalah kurikulum 2013. Di dalam kurikulum ini mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sedikit dirubah namanya menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terdapat materi tentang toleransi beragama. Hasil dari kegiatan toleransi beragama di SMAN 1 Purwokerto adalah: memperkokoh silaturahmi dan siswa dapat menerima perbedaan, bertambahnya pengalaman, dan keilmuan agama siswa dan siswa menjadi mudah bergaul dan dekat dengan masyarakat. Bentuk-bentuk kegiatan toleransi di SMAN 1 Purwokerto adalah: kegiatan live in, kegiatan pembagian sembako, sehari bersama rohis, dan kegiatan kerja bakti sekolah dan jalan sehat. Faktor Pendukung pendidikan toleransi beragama yaitu: kesadaran yang timbul pada diri siswa sejak pertama kali masuk ke SMAN 1 Purwokerto, dukungan dari guru maupun karyawan untuk senantiasa memupuk kerukunan di sekolah, dan kebijakan pihak sekolah yang mencoba mewadahi siswa sesuai dengan potensinya. Faktor penghambatnya adalah permasalahan yang terjadi dengan teman dikarenakan perbedaan pendapat dan lain-lain, yang menyebabkan toleransi sedikit terhambat untuk diimplementasikan.

Dosen Pembimbing: Wage | nidn0614056602
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, toleransi beragama, SMAN 1 Purwokerto.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Agus Imam
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:18
Last Modified: 31 Oct 2024 07:10
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/13995

Actions (login required)

View Item View Item