IRAWATI, TRI (2020) EFEKTIFITAS PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS III DI SD NEGERI TEGALREJA 02 CILACAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
![]() |
Text
TRI IRAWATI_Cover.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
TRI IRAWATI_BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
TRI IRAWATI_BAB 2.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
TRI IRAWATI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
TRI IRAWATI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
TRI IRAWATI_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (837kB) |
![]() |
Text
TRI IRAWATI_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
TRI IRAWATI_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pengelolaan kelas pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Teglareja 02 Cilacap kelas
III. Jenis penelitian ini, yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan
data deskriptif berupa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis
data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Langkah-langkah analisis data
meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa pengelolaan kelas dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas III di SD Negeri Teglareja
02
Cilacap tahun pelajaran 2019/2020 yaitu: 1.Langkah-langkah Pengelolaan Kelas
meliputi: a. Pengelolaan kelas yang bersifat preventif meliputi:Peningkatan
kesadaran pendidik sebagai guru, peningkatan kesadaran siswa, penampilan sikap
guru, pengenalan terhadap tingkah laku siswa,, penemuan alternatif pengelolaan
kelas,dan pembuatan kontrak sosial. b. pengelolaan kelas yang bersifat kuratif
meliputi: Identifikasi masalah,analisis masalah, penetapan alternatif pemecahan,
monitoring dan memanfaatkan umpan balik. 2.Pendekatan pengelolaan kelas pada
kelas III di SD Negeri Teglareja 02 Cilacap meliputi : Pendekatan otoriter,
Pendekatan intimidasi, pendekatan permisif, pendekatan resep masakan,
pendekatan pengajaran, pendekatan modifikasi perilaku, pendekatan iklim sosioemosional,
pendekatan sistem proses kelompok/ dinamika kelompok.3. Hasil
pengelolaan kelas pada kelas III di SD Negeri Tegalreja 02 Cilacap yaitu: a.
Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai meliputi: Meja dan kursi anak
yang nyaman, alat peraga yang tersedia di dalam kelas, penempatan papan tulis
yang mudah dijangkau oleh semua peserta didik, papan presensi di dalam kelas,
hiasan dinding yang tertata rapi, lemari diletakkan pada posisi yang tepat,
dan
adanya ventilasi udara. b.Ruangan kelas yang kondusif meliputi:Memiliki ruang
kelas yang memadai, ruang kelas yang bersih,dan guru memiliki kemampuan dalam
mengelola kelas. Berdasarkan hasil pengelolaan kelas yang dilakukan Guru
Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas
III di SD Negeri Tegalreja 02 Cilacap tahun pelajaran 2019/2020 berjalan dengan
efektif.
Dosen Pembimbing: | SULAEMAN, SULAEMAN | nidn0627076602 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, pengelolaan, pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | wulan |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 04:02 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 01:05 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/13923 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |