LAELI, HIDAYATUL (2017) DESKRIPSI KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP N 3 KEBASEN DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (684kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (622kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan
siswa kelas VII C SMP N 3 Kebasen dalam menyelesaikan soal operasi hitung
bilangan bulat dan faktor-faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
purposive sampling.
Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok berdasarkan
nilai Ulangan Harian yaitu siswa kelompok tinggi, siswa kelompok sedang dan
siswa kelompok rendah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data
adalah tes, wawancara dan angket. Uji keabsahan data menggunakan uji
triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Siswa Kelompok Tinggi cenderung
melakukan jenis kesalahan operasi. (2) Siswa Kelompok Sedang cenderung
melakukan jenis kesalahan konsep dan operasi. (3) Siswa Kelompok Rendah
melakukan paling banyak kesalahan yaitu jenis kesalahan fakta, konsep, prinsip
dan operasi. Kesalahan fakta disebabkan karena siswa tidak mengetahui aturan
operasi hitung campuran bilangan bulat. Kesalahan konsep disebabkan karena
siswa tidak memahami konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian dan
pembagian bilangan bulat. Kesalahan prinsip disebabkan karena siswa lupa tidak
menggunakan aturan operasi hitung campuran bilangan bulat. Kesalahan operasi
di
sebabkan karena siswa tidak teliti saat menghitung.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Joko Purwanto, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Deskripsi, Kesalahan, Jenis, Penyebab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2017 04:00
Last Modified: 01 Nov 2024 02:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item View Item