KURNIAWAN, BUDI (2017) PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII F DI SMP NEGERI 1 BANTARSARI. S3 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of BUDI KURNIAWAN - COVER.pdf]
Preview
Text
BUDI KURNIAWAN - COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BUDI KURNIAWAN - BAB I.pdf]
Preview
Text
BUDI KURNIAWAN - BAB I.pdf

Download (620kB) | Preview
[thumbnail of BUDI KURNIAWAN - BAB II.pdf]
Preview
Text
BUDI KURNIAWAN - BAB II.pdf

Download (665kB) | Preview
[thumbnail of BUDI KURNIAWAN - BAB III.pdf] Text
BUDI KURNIAWAN - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[thumbnail of BUDI KURNIAWAN - BAB IV.pdf] Text
BUDI KURNIAWAN - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BUDI KURNIAWAN - BAB V.pdf] Text
BUDI KURNIAWAN - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[thumbnail of BUDI KURNIAWAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
BUDI KURNIAWAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (720kB) | Preview
[thumbnail of BUDI KURNIAWAN - LAMPIRAN.pdf] Text
BUDI KURNIAWAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah
matematis dan
percaya diri siswa
dengan menggunakan
Problem Based Learning
.
Subyek peneliti
an ini adalah
siswa kelas VIII F
SMP Negeri 1
Bantarsari tahun
ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki
-
laki dan
15
siswa perempuan. Penelitian ini merupakan
P
enelitian
T
indakan
K
elas yang
terdiri dari 3 siklus. Tahapan dalam setiap siklu
snya meliputi perencanaan,
pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Instrumen untuk mengukur data
kemampuan
pemecahan masalah
matematis siswa menggunakan tes uraian yang
diberikan setiap akhir siklus dan u
ntuk memperoleh data hasil
percaya diri sis
wa
menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian
kemampuan
pemecahan
masalah
matemati
s
siswa
mengalami peningkatan. Nilai rata
-
rata tes
kemampuan
pemecahan masalah
matemati
s
siswa pada siklus I dipero
leh 65,
4
;
siklus II
meningkat menjadi 69
,6
;dan
pada s
i
klus III meningkat menjadi 72
,3
;
selain
kemampuan
pemecahan masalah
matematis
,
percaya diri siswa juga meningkat
yaitu
siklus I
percaya diri siswa memperoleh
skor rata
-
rata
47,4
(lemah)
,
siklus II
meningkat menjadi
39,1
(lemah)
dan siklus III meningkat menjadi
32,7
(kuat)
Berdasarkan data
-
data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pen
ggunaan
model
Problem Based Learning
dapat meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah
matematis
dan
percay
a diri siswa kelas VIII F
SMP Negeri 1
Bant
arsari.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Drs . Ahmad, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Ke mampuan Pemecahan Masalah M atematis, P ercaya D iri S iswa, Problem Based Learning
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:17
Last Modified: 06 Apr 2017 02:17
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1312

Actions (login required)

View Item View Item