PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII F DI SMP NEGERI 1 BANTARSARI

KURNIAWAN, BUDI (2017) PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII F DI SMP NEGERI 1 BANTARSARI. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
BUDI KURNIAWAN - COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BUDI KURNIAWAN - BAB I.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BUDI KURNIAWAN - BAB II.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text
BUDI KURNIAWAN - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[img] Text
BUDI KURNIAWAN - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BUDI KURNIAWAN - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img]
Preview
Text
BUDI KURNIAWAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
BUDI KURNIAWAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan percaya diri siswa dengan menggunakan Problem Based Learning . Subyek peneliti an ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Bantarsari tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki - laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan P enelitian T indakan K elas yang terdiri dari 3 siklus. Tahapan dalam setiap siklu snya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Instrumen untuk mengukur data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan tes uraian yang diberikan setiap akhir siklus dan u ntuk memperoleh data hasil percaya diri sis wa menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan pemecahan masalah matemati s siswa mengalami peningkatan. Nilai rata - rata tes kemampuan pemecahan masalah matemati s siswa pada siklus I dipero leh 65, 4 ; siklus II meningkat menjadi 69 ,6 ;dan pada s i klus III meningkat menjadi 72 ,3 ; selain kemampuan pemecahan masalah matematis , percaya diri siswa juga meningkat yaitu siklus I percaya diri siswa memperoleh skor rata - rata 47,4 (lemah) , siklus II meningkat menjadi 39,1 (lemah) dan siklus III meningkat menjadi 32,7 (kuat) Berdasarkan data - data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pen ggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan percay a diri siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Bant arsari.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Drs . Ahmad, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Ke mampuan Pemecahan Masalah M atematis, P ercaya D iri S iswa, Problem Based Learning
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:17
Last Modified: 06 Apr 2017 02:17
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/1312

Actions (login required)

View Item View Item