KURNIAWAN, BUDI (2017) PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII F DI SMP NEGERI 1 BANTARSARI. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
BUDI KURNIAWAN - COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BUDI KURNIAWAN - BAB I.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
BUDI KURNIAWAN - BAB II.pdf Download (665kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BUDI KURNIAWAN - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (993kB) |
|
![]() |
Text
BUDI KURNIAWAN - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BUDI KURNIAWAN - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
|
|
Text
BUDI KURNIAWAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (720kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BUDI KURNIAWAN - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan percaya diri siswa dengan menggunakan Problem Based Learning . Subyek peneliti an ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Bantarsari tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki - laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan P enelitian T indakan K elas yang terdiri dari 3 siklus. Tahapan dalam setiap siklu snya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Instrumen untuk mengukur data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan tes uraian yang diberikan setiap akhir siklus dan u ntuk memperoleh data hasil percaya diri sis wa menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan pemecahan masalah matemati s siswa mengalami peningkatan. Nilai rata - rata tes kemampuan pemecahan masalah matemati s siswa pada siklus I dipero leh 65, 4 ; siklus II meningkat menjadi 69 ,6 ;dan pada s i klus III meningkat menjadi 72 ,3 ; selain kemampuan pemecahan masalah matematis , percaya diri siswa juga meningkat yaitu siklus I percaya diri siswa memperoleh skor rata - rata 47,4 (lemah) , siklus II meningkat menjadi 39,1 (lemah) dan siklus III meningkat menjadi 32,7 (kuat) Berdasarkan data - data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pen ggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan percay a diri siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Bant arsari.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Drs . Ahmad, M.Pd, |
Uncontrolled Keywords: | Ke mampuan Pemecahan Masalah M atematis, P ercaya D iri S iswa, Problem Based Learning |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | windarto . |
Date Deposited: | 06 Apr 2017 02:17 |
Last Modified: | 06 Apr 2017 02:17 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/1312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |