IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs MUHAMMADIYAH 04 SLINGA PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2020/2021

LAELI, APRILIA NUR (2021) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs MUHAMMADIYAH 04 SLINGA PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2020/2021. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img] Text
Cover REVISI SKRIPSI SIDANG.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I REVISI SKRIPSI SIDANG-2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab II REVISI SKRIPSI SIDANG-3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab III REVISI SKRIPSI SIDANG-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV REVISI SKRIPSI SIDANG-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V REVISI SKRIPSI SIDANG-6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Text
Daftar Pustaka REVISI SKRIPSI SIDANG-7.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran REVISI SKRIPSI SIDANG-8.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Adanya pendekatan ilmiah ini cakap dalam menciptakan imajinasi, ide, dan kreativitas, salah satunya adalah kelemahan dalam proses pembelajaran dan kurangnya dorongan dari pendidik pada proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan peserta didik supaya berpikir.Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan implementasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII di MTs Muhammadiyah 04 Slinga Purbalingga. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek guru mata pelajaran aqidah akhlak dan siswa kelas VII B putra di MTs Muhammadiyah 04 Slinga Purbalingga. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kreativitas belajar dimulai dari kegiatan pra pembelajaran (dengan pembuatan RPP). Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan proses pembelajaran 5 langkah pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan). Problem pertama yang dihadapi pada proses pembelajaran adalah guru terbiasa menggunakan metode ceramah, solusinya adalah guru merubah metode ceramah menjadi metode yang bervariasi. Problem kedua yang dihadapi adalah kurangnya minat siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak, solusinya adalah guru memberikan motivasi kepada siswa. Implementasi pendekatan saintifik mampu meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan bukti siswa mendapatkan ide kreativitasnya dengan cara mengamati video yang disediakan guru. Bahwasannya kemunculan ide ini dari diri siswa atau wujud dari pengingkatan kreativitas belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Kreativitas Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Agus Imam
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:10
Last Modified: 29 Jul 2022 02:10
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/13091

Actions (login required)

View Item View Item